1. VEMALE
  2. /
  3. RAGAM

Kenalkan Alba, Orangutan Albino Langka Asal Pulau Borneo Indonesia

Sabtu, 23 September 2017 16:30 Penulis: Rohmitriasih
Orangutan albino/Copyright merdeka.com/ HO/BOS Nyaru Menteng

Vemale.com - Lima bulan yang lalu, seekor orangutan berkulit dan bulu putih berhasil ditemukan serta diselamatkan oleh warga Kapuas, Kalimantan Tengah juga pengurus Yayasan Borneo Orangutan Survival (BOS). Orangutan bertubuh putih ini merupakan orangutan dengan kondisi langka yakni albino. Menariknya, ia diklaim sebagai satu-satunya orangutan di dunia dengan kondisi albino.

Nyaru Menteng Monterado Fridman, seorang juru bicara dari BOS mengatakan, "Orangutan albino ini satu-satunya yang kami rawat saat ini, di pusat rehabilitasi kami. Juga satu-satunya orangutan albino yang diketahui keberadaannya di dunia."

Kondisi Alba sesaat setelah ditemukan lima bulan lalu/copyright odditycentral.com/YouTube video screengrab

Saat pertama ditemukan, kondisi orangutan albino yang diberi nama Alba ini dinyatakan sangat memprihatinkan. Tubuhnya kurus, ada beberapa luka di tubuhnya, perilakunya agresif dan ada beberapa indera di tubuhnya yang mengalami masalah. Beruntung, setelah berhasil diselamatkan dan dirawat dengan baik oleh tim BOS, kondisi Alba kini semakin membaik.

"Di usia 5 tahun ini, berat badannya sudah mencapai 17,5 kg. Dia sudah menyelesaikan masa karantina dan tes kesehatan menyeluruh. Hasilnya baik," ungkap Monterando dikutip dari merdeka.com.

Meski sudah berhasil menyelesaikan masa karantina dan bisa dilepaskan ke hutan, kondisinya yang berbeda membuat tim BOS khawatir akan keselamatan Alba di hutan bebas jika ia dilepas. Menyiasati kekhawatiran ini, tim BOS berencana membuatkan tempat tinggal yang nyaman buat Alba untuk melanjutkan hidupnya seperti orangutan lain pada umumnya.

Alba adalah orangutan albnino langka asal pulau Borneo Kalimantan/copyright merdeka.com/HO/BOS Nyaru Menteng

"Untuk menjalin Alba hidup bebas sesuai kodratnya, kami berencana membuatkan sebuah pulai berhutan sebagai rumahnya kelak. Dengan keamanan yang terjaga dari gangguan terutama gangguan manusia. Kami berencana membuat hutan lindung seluas 5 hektare yang akan ditinggali Alba bersama 3 orangutan lain yang sudah saling kenal dan interaksi satu sama lain," jelas Monterando.

Mengenai Alba sendiri, ia dikatakan sebagai salah satu hewan unik dan langka di dunia. Jika umumnya orangutan berwarna cokelat kemerahan, Alba memiliki bulu, kulit dan anggota tubuh serba putih. Alba sendiri bukan satu-satunya hewan albino yang ditemukan akhir-akhir ini, beberapa waktu lalu, dua ekor jerapah dengan kulit putih bersih juga ditemukan di Kenya


(vem/mim)
KOMENTAR PEMBACA
Tips Aman Pakai Tester Makeup