Sukses

Lifestyle

Ada Niatan untuk Bunuh Diri? Perangkat Online Ini Bisa Menyelamatkanmu

Baik pria maupun wanita bisa rentan mengalami depresi yang mengarah pada keinginan untuk nekat bunuh diri. Seseorang yang punya niatan bunuh diri biasanya tak menunjukkan gejala atau tanda yang mencolok. Kondisi ini justru sangat berbahaya.

Dalam memperingati Hari Pencegahan Bunuh Diri Sedunia, Facebook meluncurkan perangkat dan sumber informasi yang bisa diakses secara online untuk mencegah siapa saja melakukan tindakan nekat bunuh diri. Sebagai bagian dari Pusat Keamanan, diluncurkan sumber informasi tambahan mengenai pencegahan bunuh diri dan kesejahteraan online

Pencegahan bunuh diri./Copyright Vemale

Setiap orang bisa mengakses perangkat tersebut untuk menyelesaikan konflik secara online. Juga bisa dimanfaatkan untuk membantu teman yang menunjukkan keinginan untuk bunuh diri. Perangkat tersebut juga bisa dipakai untuk mendapatkan sumber informasi untuk mengatasi masa-masa sulit. Perangkat yang dibuat ini juga bagian dari kolaborasi dengan organisasi kesehatan mental yang sudah berjalan lebih dari 10 tahun. Hal ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan kami untuk menciptakan komunitas Facebook online dan offline yang aman.

Pihak Facebook juga menyadari posisinya yang bisa menghubungkan seseorang dengan banyak orang atau teman-teman di dunia maya dengan sangat cepat. Sehingga diharapkan dengan membantu memaksimalkan jejaring, seseorang yang sedang mengalami tekanan atau depresi bisa mendapatkan dukungan atau bantuan dari teman-temannya. Ahli kesehatan mental juga mengatakan bahwa jaringan tersebut bisa sangat membantu dalam mencegah seseorang melakukan bunuh diri.

Di dunia media media sosial, ketika seseorang tampak sedang berada dalam kesulitan, teman-teman lainnya bisa segera menghubungi dan membantunya dengan memberikan komentar atau dukungan langsung. Ada sejumlah kasus yang membuktikan kombinasi teknologi yang cepat dan komentar orang-orang di dunia maya bisa membantu seseorang melakukan sesuatu yang membahayakan jiwanya.

Bantu mereka yang sudah menunjukkan tanda-tanda ingin bunuh diri./Copyright unsplash.com

Kita pun juga bisa menghubungi Facebook ketika mereka melihat atau merasa ada sesuatu yang mengkhawatirkan pada teman kita. Pihak Facebook memiliki tim yang bekerja di seluruh dunia selama 24 jam/7 hari, yang memantau berbagai laporan yang masuk dan memprioritaskan laporan yang serius seperti bunuh diri.

Ambil contoh kita melihat ada tanda-tanda seorang teman kita memiliki niat bunuh diri dari postingannya di Facebook. Kita bisa menghubungi pihak Facebook, nantinya pihak Facebook akan  menyediakan teks untuk mempermudah komunikasi kita dengan teman kita yang punya niatan bunuh diri tersebut. Facebook juga akan memfasilitasi teman kita itu dengan informasi mengenai pusat bantuan lokal, beserta tips dan sumber informasi lainnya.

Kalau kamu ada niatan untuk bunuh diri atau mungkin menemukan seseorang yang memiliki niatan nekat membahayakan jiwanya, kamu bisa coba manfaatkan perangkat dari Facebook tersebut. Saat ini terus dikembangkan upaya untuk mengatur berbagai ungkapan, hashtag, dan nama grup yang berkaitan dengan kegiatan yang membahayakan jiwa atau bunuh diri. Semoga info ini bermanfaat untukmu, ladies!

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading