Sukses

Lifestyle

Curhat Gajinya Rp150 Ribu Perbulan, Guru Cantik Ini Viral di Sosmed

"Kasihan lho guru honorer itu, gajinya paling rendah dibanding dengan pegawai lain. Tapi tugasnya berat, harus mencerdaskan anak bangsa. Apalagi kalau dia kerja di sekolah dasar. Harus ekstra sabar dan rendah hati." Masih ingat dengan jelas seorang sahabat saya pernah mengatakan ini.

Hingga saat ini, jumlah guru honorer di Indonesia terbilang sangat banyak. Dari data Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, sedikitnya ada 721 ribu guru yang tercatat sebagai guru honorer atau kontrak. Untuk gaji para guru honorer ini, sekolah yang bertugas untuk memberikan gaji. Sehingga tidak jarang guru para honorer sangat sedikit jika dibandingkan dengan guru-guru lain yang telah menyandang status Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Di beberapa kabupaten atau kota, gaji guru honorer dikatakan tidak lebih dari Rp500 ribu. Pembayarannya pun tidak diberikan setiap bulan melainkan beberapa bulan sekali. Pengalaman ini jugalah yang dikisahkan oleh guru honorer cantik bernama Fitria Pinasti di akun Facebook pribadinya.

Bu guru Pipin dan kawan-kawannya sesama guru/Copyright facebook.com/pulpiku

Bu guru Fitria mengisahkan bahwa gajinya sebagai guru honorer hanya Rp150 ribu. Meski begitu, ia tetap bersyukur dan bahagia.

"Alhamdulillah gajian. Ya, walau gaji kami tidak seperti kalian yang berlembar-lembar, cukup selembar seratus ribuan dan 50 ribuan. (that's no joke). Bukan seberapa banyak yang kita dapatkan tetapi seberapa banyak yang kita berikan untuk sekitar kita, murid-murid kita, teman-teman kita, saudara, dan siapapun yang membutuhkan tanpa terkecuali.

Emang sih, hidup itu butuh uang. Yang punya gaji besar saja masih pada nggak bersyukur, mogok dan demo sana-sini. Lihat kami. Teman-teman seperjuangan kami ada lho yang rela jauh-jauhan sama keluarganya demi mengabdi di sebuah pulau. Hati nurani mereka terpanggil, jangankan sinyal HP, listrik saja belum ada, belum lagi jalan yang mereka lalui tidak seperti jalan sewajarnya," tulis bu guru Fitria di akun facebooknya.

Bu guru Pipin menceritakan bahwa gajinya Rp150 ribu perbulan/Copyright facebook.com/pulpiku

Demi mencerdaskan anak bangsa, bu guru yang akrab disapa bu Pipin ini mengaku ikhlas ketika harus mengajar dan dibayar kecil. Ia juga menyarankan agar orang-orang yang punya gaji tinggi lebih bersyukur. Guru cantik ini juga berharap agar kesejahteraan guru ke depannya bisa lebih baik.

Mengenai curhatan bu guru Fitria, sejak diposting pada 15 Agustus 2017, postingan itu telah dibagikan hingga 10,08 ribu kali. Mendapat like hingga 23 ribu like dan banjir komentar hingga 6 ribu komentar. Banyak netizen yang salut dan tersentuh dengan curhatan bu Pipin.

Walau gaji bu Pipin saat ini tidak sebanyak gaji-gaji orang lain pada umumnya, tetap semangat jadi guru ya. Jangan pernah patah semangat dan percayalah Tuhan akan memberikan yang terbaik suatu saat nanti.



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading