Sukses

Lifestyle

Punya Kebiasaan Merokok, Pemuda Ini Didiagnosa Idap Kanker Mulut

"Merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi dan gangguan kehamilan dan janin." Inilah sepenggal kalimat yang selalu ada di setiap bungkus rokok. Tak hanya tulisan ini, beberapa potret mengerikan dari efek merokok pun nyaris tak pernah terlewatkan dipasang di setiap bungkus rokok.

Kalimat atau foto peringatan di setiap bungkus rokok dipasang untuk mengingatkan setiap orang agar berhenti atau menghindari rokok. Ini mengingat bahwa merokok merupakan aktivitas yang sangat berbahaya bagi kesehatan dan meningkatkan berbagai risiko penyakit mematikan.

Sayang, meski telah banyak dipasang peringatan akan bahaya rokok, saat ini masih banyak orang yang merokok. Lebih tragis dan miris lagi, beberapa orang bahkan bisa menghabiskan satu bungkus rokok seharga Rp20an ribu setiap harinya. Padahal nih ya, bahaya rokok sangat memilukan dan meningkatkan angka kematian di dunia.

Faid menderita kanker dan sedang dirawat di rumah sakit di Malaysia/copyright thestar.com.my

Dikutip dari laman thestar.com.my, Muhammad Faid, pemuda berusia 24 tahun asal Malaysia adalah seseorang yang kini merasakan efek mengerikan rokok. Di usianya yang masih sangat muda ini, Faid didiagnosa menderita kanker mulut. Dokter memperkirakan bahwa kanker yang diderita Faid disebabkan oleh kebiasaan buruknya merokok hingga 5 batang rokok setiap harinya.

Laporan yang ada menyebutkan jika Faid mulai aktif merokok sejak usianya baru 17 tahun. Kanker yang dideritanya sendiri mulai terdeteksi akhir tahun 2016 lalu. Saat itu, sang bunda menemukan benjolan di lidah Faid. Ia kemudian membawa buah hatinya tersebut ke klinik terdekat dan dokter mengatakan jika benjolan tersebut adalah bibit kanker.

Faid pun harus menjalani operasi pengangkatan kanker dan melakukan kemoterapi. Bunda Faid mengatakan, "Kondisinya makin buruk sehingga dokter harus memotong 3/4 lidahnya pada bulan Mei. Untuk mengembalikan lidahnya, dokter mengambil sebagian kulit di paha dan melakukan operasi lanjutan. Ia tak bisa makan, minum atau bicara sendiri saat ini."

Kisah yang sangat pedih ya. Ladies, penting bagi kita untuk tidak pernah merokok atau berhenti merokok. Bukankah untuk memiliki tubuh sehat harus diawali dengan pola hidup sehat dari diri sendiri?

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading