Sukses

Lifestyle

Selain Berani dan Suci, Ini Makna Lain dari Warna Merah Putih Bendera Kita

Warna merah dan putih bendera Indonesia memiliki makna dan arti sendiri. Selama ini yang paling sering kita pahami adalah merah yang melambangkan keberanian dan putih yang melambangkan kesucian. Tapi tahukah kalau warna merah dan putih juga memiliki makna lain?

Bendera kita memiliki warna merah di atas dan putih di bawah dengan rasio 2:3. Selain merah yang artinya berani dan putih yang artinya suci, ada makna lain dari kedua warna tersebut. Warna merah melambangkan gula aren, dan warna putih melambangkan nasi. Gula aren dan nasi ini merupakan bahan yang sama-sama penting dalam masakan Indonesia.

Selain itu, warna merah dan putih juga memiliki makna filosofis yang begitu dalam. Seperti yang dikutip dari merdeka.com, Soekarno memiliki jawabannya. "Warna-warna itu tidak begitu saja diputuskan untuk Revolusi. Warna-warna itu berasal dari awal penciptaan manusia. Darah seorang wanita berwarna merah. Sperma seorang laki-laki putih. Matahari berwarna merah. Bulan berwarna putih," kata Soekarno seperti ditulis Cindy Adams dalam biografi Soekarno, Penyambung Lidah Rakyat. Warna merah dan putih bendera Indonesia ternyata memiliki makna yang begitu dalam, ya ladies.

Warna merah putih punya makna yang dalam./Copyright pixabay.com

Bendera Pusaka dijahit oleh istri Soekarno yaitu Fatmawati. Menurut penuturan Sukmawati Sukarnoputri, saat sedang menjahit bendera pusaka tersebut, Fatmawati menitikkan air mata. Ia terisak dan begitu teraharu karena tak mempercayai pada akhirnya Indonesia akhirnya merdeka serta memiliki bendera dan kedaulatan sendiri.

Indonesia kini memang sudah merdeka tapi perjuangan akan terus berlanjut. Yuk, kita isi kemerdekaan ini dengan hal-hal yang bermanfaat dan memajukan tanah air kita bersama. Selamat ulang tahun ke-72 Republik Indonesia tercinta.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading