KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. RAGAM

Jamu Nyonya Meneer Dalam Kenangan, Mana yang Paling Berkesan di Hatimu?

Kamis, 10 Agustus 2017 14:15 Penulis: Zika Zakiya
Copyright Vemale.com/Zika Z

Vemale.com - Purna sudah merek dagang ternama Nyonya Meneer. Perusahaan yang berbasis pada jamu tradisional Indonesia ini resmi dinyatakan bangkrut pada Kamis (3/8) lalu melalui keputusan Pengadilan Negeri Semarang, Jawa Tengah.

Dikutip dari merdeka.com, majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Semarang yang dipimpin oleh Nani Indarwati mengabulkan gugatan kreditur konkuren asal Desa Turisari, Kelurahan Palur, Kabupaten Sukoharjo, Hendrianto Bambang Santoso, yang memutuskan bahwa pabrik jamu PT Nyonya Meneer di Kota Semarang, Jawa Tengah, pailit.

Hakim Anggota Wismonoto menyatakan perusahaan yang berdiri sejak 1919 ini digugat pailit karena memiliki sejumlah utang pada 35 kreditur mencapai Rp89 miliar. Hal ini tentu mengagetkan buat kita yang sempat tumbuh besar bersama jamu dan produk Nyonya Meneer. Bahkan beberapa di antaranya masih kita gunakan dalam keseharian.

Ada beberapa jamu/produk yang berkesan buat kami di redaksi vemale.com, di antaranya:

1. Minyak telon
Entah kenapa minyak telon Nyonya Meneer seperti menjadi "merek wajib" ketika seorang bayi lahir. Minyak telon Nyonya Meneer punya wangi khas yang membuat kulit bayi hangat dan enak dicium.

Minyak telon dari Nyonya Meneer/copyright Vemale.com/Zika Z

2. Paket Pil Jamu Habis Bersalin
Buat kamu yang sudah pernah melahirkan, jamu yang satu ini bakal disarankan oleh para tetua-tetua dalam keluarga. Isi jamu dalam kotak seukuran tempat perhiasan ini terdiri dari pil yang terbagi dalam 10 hari pertama hingga 40 hari terakhir sesuai perhitungan nifas. Ditambah dengan parem, lulur, pilis, dan tapel.

Tidak semua orang tahan dengan aroma dan pemakaian ramuan ini. Namun, jika memang kamu senang dengan semua yang tradisional, jamu ini sangatlah recommended karena membuat kulit halus dan mempercepat keluarnya darah kotor.

Paket pil jamu habis bersalin atau melahirkan dari Nyonya Meneer/copyright Vemale.com/Zika Z

3. Galian Singset
Galian Singset biasanya disarankan pada kaum perempuan yang baru saja mendapatkan menstruasi pertamanya. Meski rasanya pahit, manfaatnya sangatlah banyak. Mulai dari melangsingkan tubuh, mencegah jerawat, hingga menghilangkan bau badan.

Biasanya satu kemasan kertas akan dicampur air asem ditambah perasan jeruk nipis dan diseduh dalam cangkir. Jumlah airnya sengaja tidak banyak sehingga bentuknya mengental.

Jamu Galian Singset Nyonya Meneer/copyright Vemale.com/Zika Z

4. Galian Rapet
Jamu yang satu ini berfungsi untuk kesehatan bagian kewanitaan kita. Jika rajin dikonsumsi akan mengurangi kelebihan lendir, menyehatkan tubuh, dan melangsingkan.

Jamu galian rapet Nyonya Meneer/copyright Vemale.com/Zika Z

Nah itu deretan Jamu Nyonya Meneer dalam kenangan kami. Bagaimana dengan kamu, mana yang paling berkesan buat kamu?



(vem/zzu/mim)
KOMENTAR PEMBACA