Sukses

Lifestyle

31 Tahun Nenek Ini Hapus Coretan Rasis di Jalan, Alasannya...

Namanya nenek Irmela Mensah Schram. Usianya sudah 72 tahun. Meski sudah tak muda lagi, nenek Irmela adalah sosok yang begitu mengagumkan dan memerangi kerasisan yang ada di negara di mana ia tinggal yakni Jerman.

Sedikitnya selama 31 tahun terakhir, nenek Irmela telah keliling berbagai kota di Jerman untuk menghapus coretan kebencian dan rasis yang dituliskan orang-orang tak bertanggung jawab di jalan. Dikutip dari laman odditycentral.com, berbekal pisau kecil dan cat warna sederhana, nenek Imerla akan menghapus setiap coretan tak pantas di dinding atau aspal jalan raya di seluruh kota di Jerman.

Umumnya, coretan-coretan yang akan dihapus oleh nenek Imerla adalah coretan mengenai kebencian terhadap propaganda Nazi. Lantas, apa alasan wanita yang sudah tidak muda lagi ini hingga ia melakukan aksinya tersebut?

Nenek Imerla akan menghapus coretan  ajak kebencian di dinding tepi jalan | Copyright by odditycentral.com

Nenek Imerla hanya ingin semua masyarakat khususnya Jerman merasa tenang dan aman. Wanita ini ingin agar peperangan besar tak pernah terjadi lagi. Ia juga ingin agar setiap orang tak pernah menaruh kebencian atau perselisihan agar terciptanya dunia yang aman, tenteram dan masyarakat yang nyaman.

Walau aksinya bertujuan mulia, tidak jarang nenek Imerla mendapat tentangan keras baik dari warga sipil maupun aparat negara. Beberapa kali ia sempat dijebloskan ke balik jeruji penjara dan dibawa ke pengadilan karena dituduh merusak keindahan jalan dan merusak properti milik orang lain.

"Beberapa orang mengatakan aku tidak bertoleransi terhadap mereka, aku tidak menghormati toleransi, tidak menghargai hak kebebasan berbicara dan berpendapat. Tapi aku ingin semua orang tahu, kebebasan berbicara juga punya batasan.

Jangan sampai kebebasan berbicara tersebut berujung pada berkobarnya kebencian, perselisihan dan permusuhan. Bukankah sebaiknya kita semua menciptakan kedamaian?" ungkap nenek Imerla.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading