Sukses

Lifestyle

Bertanam Sayuran Sehat Sendiri di Rumah, Mudah Kok!

Buat siapa saja, pasti ingin konsumsi segala makanan sehat yang bebas bahan kimia dan pestisida. Khususnya untuk makanan berjenis sayur dan buah. Well Ladies, untuk dapatkan sayuran sehat, sebenarnya kamu bisa menanamnya sendiri di rumah kok. Tak perlu khawatir, dengan lahan yang cukup sempit dan bahan seadanya, kamu tetap bisa kok bertanam sayuran sehat.

Beberapa tanaman sayur yang bisa ditanam di rumah antara lain adalah sayur sawi, wortel,  kangkung, kale, kol, cabai, bawang merah, bawang putih, seledri, daun jeruk dan masih banyak lagi. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk bertanam sayuran di rumah. Simak baik-baik deh yang berikut ini.

Media Tanam
Siapkan media tanam seperti pot atau kantong polybag. Ini merupakan media tanam yang tak hanya mudah didapat di toko pertanian, tetapi juga bikin lahan di rumah senantiasa mudah dijaga kebersihannya. Sediakan juga tanah untuk bertanam. Kalau pun tak ada tanah, kamu bisa menggunakan media lain seperti bahan organik berupa arang, akar pakis, kompos, pupuk kandang, sabut kelapa, ijuk dan masih banyak lagi.

Perhatikan Ketersediaan Air
Air sangat penting untuk dapatkan sayuran yang sehat dan tumbuh subur. Jika bertanam sayuran di pekarangan rumah, usahakan untuk menyiram sayuran setiap pagi atau sore hari. Jangan terlalu sedikit atau terlalu banyak air yang digunakan untuk menyiram. Terlalu sedikit bisa membuat tanaman layu dan kering, sedangkan terlalu banyak bisa membuat sayuran mudah busuk.

Bertanam sayur | Copyright by DePhotology Kukuh Digital Studio

Pupuk
Akan lebih baik jika pupuk yang digunakan untuk tanaman sayur kamu adalah pupuk organik atau pupuk kandang. Selain sehat, ini juga membuat tanaman sayur awet subur dan tumbuh lebih lama.

Sinar Matahari
Usahakan agar tanaman sayur di rumah mendapat asupan sinar matahari pagi yang cukup. Sinar matahari pagi mengandung banyak vitamin sehat untuk kesuburan tanaman. Juga, hindarkan tanaman sayur kamu dari terpaan sinar matahari siang yang terlalu terik. Karena ini akan membuat tanaman sayur mudah layu dan terbakar.

Lakukan Perawatan Sayur Sepenuh Hati
Pastikan untuk melakukan perawatan terhadap sayuran yang kamu tanam dengan sepenuh hati dan bahagia. Rasa bahagia saat bertanam akan berdampak positif terhadap tanaman yang sedang ditanam. Selain membuat tanaman tumbuh lebih sehat dan subur, ini juga membuat tanaman memiliki usia hidup lebih lama.

Well Ladies, bertanam sayuran di rumah sebenarnya sangat mudah kok. Selamat mencoba dan lakukan dengan sepenuh hati yes. Kamu juga bisa menanam sayur secara hidroponik untuk dapatkan sayuran yang lebih sehat lagi mengesankan.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading