Sukses

Lifestyle

Kabar Gembira, Ladies! Februari 2018, Angkot Wajib Ber-AC

Ladies, siapa di antara kamu yang jadi angkoters setia? Yup, angkot merupakan moda transportasi umum yang paling banyak ditemui di berbagai kota, ketimbang moda-moda transportasi umum lainnya.

Sekalipun sempat menimbulkan polemik di berbagai kota, misalnya di Malang karena kemunculan transportasi online dianggap menggerus keberadaan angkot, tapi nggak bisa dipungkiri kalau kendaraan yang satu ini memang masih membantu rutinitas masyarakat. Terlebih bagi mereka yang belum familiar dengan sistem pemesanan transportasi online.

Namun, di berbagai kota masih banyak ditemui angkot-angkot yang pelayanannya tak memuaskan. Mulai dari angkot yang suka kebut-kebutan, ketidaknyamanan dan ketidakamanan bagi penumpang wanita karena rawan kejahatan hingga masalah remeh yang cukup mengganggu yaitu ukuran mobil yang kecil, tapi disesaki puluhan orang sekali angkot. Otomatis, rasa gerah membuat banyak orang akhirnya memilih kendaraan umum lain ketimbang naik angkot.

Tetapi, baru-baru ini Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mencanangkan aturan baru yaitu angkot ber-AC pada tahun 2018. Rencana ini diumumkan oleh Budi pada Minggu (2/7) di Lapangan Silang Monas.

Dilansir dari merdeka.com, aturan angkot ber-AC ini diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 29 tahun 2015 tentang Perubahan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 98 tahun 2013 tentang Standar Pelayanan Minimal Angkutan Orang Dengan Kendaraan Bermotor Umum Dalam Trayek.

Dalam pasal peralihan tersebut, disebutkan bahwa selambatnya bulan Februari 2018 seluruh angkutan umum wajib memasang AC dengan temperatur 20 - 25 derajat Celcius. AC untuk angkot ini rencananya akan disebar pada 40 angkot di wilayah Jabodetabek. "10 unit di wilayah Jakarta, 10 unit di wilayah Bogor, 10 unit di wilayah Tangerang dan 10 unit di Bekasi. Kami berharap kenyamanan, keamanan dan keselamatan penumpang dapat kami berikan," ujar Pudji Hartanto, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub.

Semoga peningkatan pelayanan angkot ini bisa merata di seluruh wilayah di Indonesia ya, Ladies. Karena seluruh warga Indonesia juga ingin merasakan kenyamanan, keamanan dan keselamatan saat menggunakan kendaraan umum. Kalau menurut kamu, angkot yang ideal dari sisi pelayanan itu, yang seperti apa sih?

(vem/wnd)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading