Sukses

Lifestyle

Sebelum Mudik, Demi Keamanan Ini Jangan Sampai Dilalaikan

Tak terasa Ramadan telah berada di penghujung bulan dan sebentar lagi Hari Raya Idul Fitri datang. Dengan datangnya lebaran, ini sangat identik dengan mudik dan liburan panjang. Kamu, apakah kamu melakukan mudik juga Ladies? Sudah mudik atau masih melakukan persiapan mudik?

Mengenai mudik, sebelum benar-benar mudik dan meninggalkan tempat tinggal sekarang untuk berkunjung ke kampung halaman beberapa hari ke depan, sangat penting bagi kamu untuk memperhatikan hal-hal berikut ini. Meski terkesan sepele, ini sama sekali tak boleh dilalaikan begitu saja. Apa saja?

Kunci Pintu & Jendela Rumah
Wajib bagi untuk mengunci akses ke dalam rumah. Demi keamanan, kunci semua jendela dan pintu rumah. Cek kembali satu-satu semua jendela dan pintu sebelum benar-benar berangkat mudik.

Nyalakan Lampu Seperlunya
Nyalakan lampu rumah seperlunya saja. Disarankan, agar kamu menyalakan lampu teras saja. Menyalakan lampu seperlunya selain akan menghemat listrik selama mudik, ini juga akan membuat rumah kamu aman dan tidak tampak terlalu gelap seolah tanpa penghuni.

Matikan Air
Usahakan agar mematikan air di dapur, di kamar mandi atau di tempat-tempat lainnya. Jangan sampai, selama ditinggal mudik air tetap menyala dan terbuang percuma. Tutup juga tempat-tempat yang terdapat airnya agar tidak dijadikan sarang nyamuk. Kosongkan juga bak mandi demi kebersihan dan kesehatan kamar mandi.

Cabut Gas pada Kompor
Disarankan agar kamu mencabut saluran tabung gas dari kompornya. Ini dilakukan untuk meminimalisir risiko kebakaran dan hal-hal buruk lainnya.

Sapu & Pel Lantai Hingga Bersih
Usahakan untuk meninggalkan rumah dalam kondisi bersih. Selain menjamin kesehatan dan meminimalisir berkembangnya bakteri serta kuman, ini juga akan membuat kamu merasa nyaman saat pulang ke rumah setelah mudik.

Rapikan Isi Rumah
Tak hanya menyapu dan mengepel lantai, penting juga bagi kamu untuk merapikan isi rumah. Rumah yang bersih dan rapi selama ditinggal mudik akan senantiasa aman dan terhindar dari risiko kejahatan. Ini juga meminimalisir bersarangnya hewan-hewan menjijikkan semisal kecoa, tikus atau pun serangga.

Ladies, itulah beberapa hal yang jangan sampai luput dan lalai dari perhatianmu sebelum mudik. Gimana, sudah siap buat mudik dan bertemu keluarga tercinta di kampung halaman? Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat menyambut libur panjang juga lebaran Idul Fitri.



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading