Sukses

Lifestyle

Dipanggang Pakai Sinar Matahari, Ayam Panggang Ini Unik Banget

Ayam panggang merupakan salah satu menu lezat dan menggugah selera. Apalagi, jika ayam panggang tersebut dimasak dengan cara yang unik dan bumbu yang meresap dengan baik ke dalam daging ayam.

Soal masak memasak, setiap orang pasti punya kreativitasnya sendiri-sendiri. Menariknya, kreativitas ini bahkan bisa jadi melampaui batas. Termasuk untuk cara memasak tukang masak di Thailand bernama Sila Sutharat (60) berikut ini. Dikutip dari laman odditycentral.com, Sila punya cara unik untuk membuat ayam panggang buatannya matang dalam waktu 10 -20 menit dan memiliki rasa yang super enak tanpa dipanggang di atas bara api.

Tempat pemanggangan ayam di rumah makan milik Sila | Copyright by odditycentral.com

Selama lebih dari 20 tahun, Sila telah memanfaatkan sinar matahari untuk memanggang ayam masakannya. Bukannya menggunakan arang atau api di kompor, pria tersebut memanfaatkan sinar matahari yang terik untuk memasak.

Sila yang memiliki rumah makan khusus ayam panggang di Provinsi Petchaburi, Bangkok, Thailand ini memanfaatkan sinar matahari dan pecahan kaca untuk memasak. Ratusan pecahan kaca sengaja dihadapkan pada sinar matahari dan pantulan cahayanya inilah yang digunakan memasak. Ajaib, pantulan cahaya tersebut menghasilkan panas hingga 300 derajat celcius dan bisa mematangkan daging ayam secara sempurna.

"Orang-orang dulu bilang saya gila dan nggak mungkin bisa memasak pakai cara ini. Tapi saya berhasil. Orang-orang mengakui cara yang aku miliki," ungkap Sila. Atas kreativitasnya ini, dalam sehari ia bisa memanggang ayam hingga 40 ekor untuk para pelanggannya.

Ayam bakar bisa matang dalam waktu 10 hingga 20 menit | Copyright by odditycentral.com

Banyak pelanggan rumah makannya merasa puas dengan ayam di sana. "Ini rasanya enak. Ayamnya besar. Matang rata. Bumbunya juga meresap dengan baik dan tidak bau arang. Teksturnya empuk. Kami suka masakan ini," ungkap seorang pelanggan.

Meski memasak dengan sinar matahari menghasilkan ayam yang enak, saat memanggang ayam Sila harus memakai baju lengan panjang tebal dan memakai masker wajah untuk mencegah radiasi sinar ultraviolet. Sila juga harus memutar otak saat musim hujan datang dan tiada sinar matahari yang muncul.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading