Sukses

Lifestyle

Berlapis Emas Seberat 18 Karat, Al-Quran 250 Tahun Bikin Kagum

Kemas Haji Andi Syarifuddin (46) adalah pemilik Al-Quran berlapis emas seberat 18 karat. Dikutip dari laman merdeka.com, pemilik dari Al-Quran tak pernah menyangka bahwa Al-Quran warisan leluhurnya tersebut memiliki nilai sejarah yang mengagumkan.

"Alhamdulillah, saya ada sepuluh Al-Quran bersejarah. Dua di antaranya berlapis emas," ungkap sang pemilik.

Pria yang akrab disapa Andi tersebut mengaku bahwa ia mendapat Al-Quran tersebut sekitar tahun 90an saat ia masih kuliah. Dari perkiraan yang ada, Al-Quran yang masih terjaga dengan sangat apik dan rapi tersebut telah berusia kurang lebih 250 tahun. Ini merupakan kitab suci Agama Islam peninggalan penghulu di masa Kesultanan Palembang Darussalam.

Sampul Al-Quran berlapis emas | Copyright by ©2017 merdeka.com/irwanto

Andi yang juga merupakan imam Masjid Agung Palembang tersebut mengungkapkan jika Al-Quran miliknya berlapis emas di tiga bagian. Bagian pertama di halaman surah Al-Fatihah, bagian kedua di halaman pertama surah Al-Kahfi dan bagian ketiga di halaman surah An-Nas.

Andi menjelaskan, "Secara umum ini sama dengan yang lainnya. Secara ukuran juga tak terlalu jauh berbeda. Namun ini ada nilai sejarahnya dan penulisannya memang berbeda. Sudah diuji sebelumnya. Tiga halaman khusus yang ada memang berlapis emas 18 karat."

Beberapa kali Al-Quran milik Andi ditawar kolektor dengan harga yang mahal. Salah seorang warga Malaysia bahkan pernah menawar Al-Quran miliknya dan ingin menukarnya dengan haji. Tapi Andi, ia selalu menolak tawaran tersebut dan ingin terus menyimpan peninggalan keluarga besarnya.

Ada tiga halaman yang berlapis emas | Copyright by ©2017 merdeka.com/irwanto

"Waktu itu saya belum haji, ada tawaran ingin menukarnya dengan haji. Saya tidak kasih, memang tujuannya tidak untuk dijual. Saya akan menyimpannya. Kini memang sudah cukup buruk kondisinya, namun masih tetap dibaca dengan jelas. Ya, namanya sudah tua ya." tambah Andi.

Kalau kamu Ladies, punya benda bersejarah juga di rumah? Selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankan.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading