Sukses

Lifestyle

Milk Sommelier, Profesi Baru di Dunia Tugasnya Mencicipi Susu

Mencicipi makanan semisal teh, kopi atau wine sommelier tentu sudah dikenal dengan baik di dunia. Namun, pernahkah kamu mendengar adanya Milk Sommelier atau seseorang yang bertugas mencicipi susu segar?

Dikutip dari laman odditycentral.com, ini merupakan profesi terbaru di dunia setelah Water Sommelier atau pencicip air putih (mineral). Mengenai profesi unik ini, seseorang yang menjadi Milk Sommelier bertugas mencicipi dan mempelajari susu murni atau susu segar. Bas de Groot adalah salah seorang yang berprofesi sebagai Milk Sommelier.

Bas sedang mencicipi susu segar | Copyright by odditycentral.com

Sejauh ini, Bas telah berkeliling Belanda untuk mencicipi semua susu segar di berbagai peternakan yang ada di sana. Pria yang mengaku sangat suka dengan susu dan bisa menghabiskan 3 sampai 4 liter susu setiap harinya, kini tak hanya berkeliling Belanda untuk mencicipi susu. Ia mulai berkeliling dunia dan mencicipi susu dari berbagai negara.

Kecintaan Bas terhadap susu diakuinya semakin bertambah setelah ia mencicipi susu murni (raw milk) pertama kali beberapa tahun lalu. Cita rasa kuat dan unik membuat indera perasanya tergelitik juga semakin tertarik akan kenikmatan susu.

Selain mencicipi berbagai macam jenis susu segar di dunia, Bas juga mengedukasi masyarakat tentang keunggulan dan manfaat minum susu. Pria ini juga mengedukasi masyarakat khususnya para peternak sapi perah untuk menghasilkan susu sapi yang bercita rasa enak, bernutrisi tinggi serta khas.

Bas juga mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya susu | Copyright by odditycentral.com

Dalam mencicipi susu, Bas akan mencium, mengaduk lalu meminum susu segar tersebut. Dengan cara ini, ia bisa merasakan keunggulan dari setiap jenis susu yang dicicipinya. Menurut Bas, sapi yang makan rumput akan menghasilkan susu yang lebih segar juga fruity. Sedangkan sapi yang makan jagung atau bahan makanan lain seperti konsentrat, susu yang dihasilkan dirasa cenderung lebih pekat, kaya protein dan lemak.

Bas mengatakan, "Susu dari sapi di peternakan rumput lebih fruity. Sedangkan susu di peternakan yang memberikan jagung atau lainnya lebih kental dan pekat. Susu, kini telah menjadi produk masal dengan pengolahan sedemikian rupa. Beberapa senyawa susu dijual ke perusahaan farmasi untuk pengobatan. Tak hanya untuk dikonsumsi, sebenarnya susu bisa diolah menjadi berbagai macam produk baru."

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading