Sukses

Lifestyle

Selain Jupe, Selebriti Dunia Ini Juga Menderita Kanker Serviks

Kanker serviks, penyakit paling mematikan bagi wanita Indonesia. Dah pada hari ini, Sabtu (10/6) Julia Perez pun mengembuskan nafas terakhirnya setelah berbulan-bulan berjuang melawan sakit yang menggerogoti tubuhnya itu. Sang adik, Nia Anggia mengunggah kabar duka itu lewat akun Instagram miliknya.

Para wanita memang harus waspada dengan kebersihan dan kesehatan tubuhnya, karena kanker serviks ini menyerang organ reproduksi mereka. Penyakit yang dipicu oleh Human papilloma virus (HPV), jenis virus yang umum menyebabkan penyakit infeksi menular seksual ini bersarang di daerah leher rahim.

Selain Julia Perez, ada beberapa selebriti, dalam maupun luar negeri yang juga menderita penyakit ini. Tak semuanya berakhir dengan meregang nyawa, ada juga di antara mereka yang akhirnya menang melawan kanker serviks. Siapa saja mereka? Yuk langsung saja simak daftar berikut...

Judy Blume

Judy Blum/Copyright USA Today

Wanita yang satu ini tak hanya pernah divonis menderita kanker serviks saja. Penulis buku Judy Blume pernah mengumumkan lewat blog pribadinya bahwa dia didiagnosa menderita kanker payudara pada 2012 lalu. Sebelumnya, dia sudah pernah menjalani pengangkatan rahim kaena kanker serviks yang dideritanya.

Hingga kini usianya hampir 80 tahun, dia masih semangat dan berjuang melawan kanker payudara. Blog pribadinya berhenti di tulisan tentang penyakit yang dideritanya, meski pada akhirnya ada update di tahun 2016. Tahun 2017 ini, namanya masuk dalam jajaran 19 peraih Literature Awards dari The American Academy of Arts and Letters.

Titiek Puspa

Titiek Puspa/Copyright KapanLagi.com

Siapa tak kenal wanita yang satu ini? Meski usia sudah tak lagi muda, namun semangatnya tak kalah dengan mereka yang masih berumur di bawah 50 tahun. Siapa sangka, kanker serviks juga pernah menghantui Titiek Puspa? Beliau juga divonis menderita penyakit yang mulai menggerogotinya sejak 2009.

Di tahun tersebut, Eyang Titiel divonis menderita kanker serviks stadium 3, yang tentu saja bikin banyak orang khawatir. Namun, wanita ini justru tak mau larut dalam kesedihan. Dia pergi berobat dan penuh semangat untuk bisa sembuh. Usaha pun berbuah hasil, beliau akhirnya sembuh dari penyakit tersebut.

Anita Mui

Anita Mui/Copyright Pinterest

Aktris dan penyanyi asal Hong Kong ini divonis menderita kanker serviks, dan mengumumkan sendiri pada publik tentang penyakitnya itu pada September 2003. Meski menderita penyakit mematikan ini, dia masih tetap aktif di dunia hiburan, dan bahkan masih menggelar banyak show di tahun yang sama.

Anita Mui lebih memilih pengobatan tradisional ketimbang penanganan secara medis untuk penyakitnya ini, sebelum akhirnya menyerah dan tak kuat lagi. Wanita ini akhirnya tutup usia pada Desember 2003 di usia 40 tahun, hanya dalam hitungan bulan setelah dia mengumumkan penyakitnya pada publik.

Marissa Jaret-Winokur

Marrisa Jaret-Winokur/Copyright YouTube

Yang sudah nonton film American Beauty pasti tahu sosok Marissa Jaret-Winokur ini. Dia didiagnosa menderita kanker serviks pada 2001, dan memilih untuk menjalani operasi pengangkatan rahim untuk mengatasinya. Tentu saja langkah ini sangat berat bagi para wanita, terutama yang belum punya anak.

Namun beruntung, dokter berhasil menyelamatkan ovariumnya kala itu. Marissa pun akhirnya dikaruniai anak laki-laki pada 2008, meski kelahiran anaknya ini lewat rahim ibu pengganti. Well, tak semua penderita kanker serviks harus berakhir tragis dan kehilangan nyawa atau tak bisa punya anak

Eva Peron

Eva Peron/Copyright Bio.com

Wanita yang pernah menjadi first lady Argentina ini juga didiagnosa menderita kanker serviks pada Agustus 1951. Tak ada yang membahas penyakit sosok yang lebih dikenal dengan nama Evita ini, karena memang ada kebijakan bahwa penyakit pasien adalah rahasia di masa-masa itu.

Evita lalu dioperasi secara diam-diam. Dia juga menjalani rangkaian pengobatan yang biasa dilakukan untuk penyembuhan kanker, seperti radiasi dan kemoterapi. Sayangnya, dia kalah melawan penyakit ini. Kondisi wanita ini terus memburuk hingga kahirnya tutup usia pada 1952 di usianya yang ke-33.

Well ladies, penyakit memang tak ada yang tahu kapan datangnya, tapi kita bisa melakukan pencegahan agar lebih terhindar dari serangannya. Kenali apa itu kanker serviks, bagaimana gejalanya, dan seperti apa pencegahannya. Semua bisa dibaca di halaman seputar Kanker Serviks ini.

(vem/dew)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading