Sukses

Lifestyle

Alex Honnold, Cetak Sejarah Panjat Tebing El Capitan Tanpa Tali

Memanjat tebing yang terjal dan curam tanpa pengaman yang memadahi tentu memiliki risiko sangat berbahaya. Tapi nih ya, seorang pria berusia 31 tahun bernama Alex Honnold asal California Utara seakan tak pernah takut akan risiko tersebut. Baru-baru ini, ia telah menaklukkan tebing El Capitan setinggi 3.000 kaki atau setara dengan 914,4 meter.

Dikutip dari laman odditycentral.com, Alex memanjat El Capitan tanpa memakai alat bantu berupa tali apapun. Pria tersebut hanya mengandalkan kekuatan tangan serta fisiknya juga kebersamaan Tuhan padanya. Selama memanjat, ia hanya membawa sekantong bubuk kapur untuk kedua telapak tangannya.

Alex saat melakukan panjat tebing | Copyright by odditycentral.com

Setelah selama 3 jam 56 menit, akhirnya Alex mampu mencapai puncak El Capitan dengan wajah bahagianya. Ia melakukan panjat tebing seorang diri dan ia pun berhasil mencetak namanya dalam Guinness Book of Record sebagai penakluk El Capitan paling keren tanpa tali sepanjang sejarah yang ada.

Alex sendiri selama ini dinobatkan sebagai salah satu pemanjat tebing dan pendaki gunung terbaik di dunia. Pria 31 tahun ini telah menaklukkan berbagai tebing dan gunung curam di dunia. Hanya saja, menaklukkan El Capitan tanpa tali adalah prestasi terbaiknya selama ini.

Alex saat melakukan panjat tebing | Copyright by odditycentral.com

Alex memulai memanjat tebing El Capitan pada pukul 05:32 pagi waktu setempat. 3,56 jam kemudian tepatnya pukul 09:28 pagi, ia telah berhasil menginjakkan kakinya di puncak El Capitan. Menurut Alex, tak mudah untuk bisa benar-benar menaklukkan El Capitan. Setidaknya ia perlu berlatih selama setahun untuk memanjat dan mempelajari El Capitan maupun tebing-tebing di sekitarnya.

Aksi Alex sangat memukau dunia | Copyright by odditycentral.com

Ia juga berlatih sangat keras untuk senantiasa menjaga kekuatan ototnya agar tidak cidera selama melakukan aksinya. Pada November tahun lalu, Alex pernah mencoba menaklukkan El Capitan tanpa tali juga. Sayang, usahanya saat itu gagal karena kondisi fisiknya mendadak kurang baik selama melakukan pemanjatan.



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading