Sukses

Lifestyle

5 Tradisi Unik Saat Pertama Kali Menstruasi Dari Berbagai Negara

Lain tempat tentu lain pula tradisi yang ada. Menstruasi atau haid bagi wanita dianggap sebagai masa dimana ia sudah baligh atau jadi wanita dewasa. Ada kepercayaan di Jawa yang meyakini bahwa anak perempuan yang mengalami haid untuk pertama kalinya harus dibuatkan bubur merah dan dikirimkan ke tetangga sekitar. Nah, kali ini kami akan hadirkan tradisi-tradisi unik di negara lain. Apa saja sih? Yuk cari tahu di sini.

  • Tradisi di Filipina cukup unik lho Ladies. Sang ibu akan mencuci celana dalam bekas haid pertama hanya dengan air dan mencipratkan air tersebut pada wajah anak perempuannya. Menurut kepercayaan, ini ditujukan agar wajah si anak tak muncul jerawat. Selain itu si anak juga diminta untuk melompat tiga kali di anak tangga karena ini akan menentukan berapa hari menstruasinya akan berlangsung.
  • Di Afrika Selatan, anak perempuan yang baru menstruasi dilarang keluar selama 3 hari. Setelah itu ia akan mendapatkan banyak hadiah dan diadakan sebuah pesta untuk merayakannya. Si anak perempuan juga dilarang dekat anak-anak dan pria selama menstruasi pertama.
  • Di Turki tradisinya sangat unik Ladies. Saat si anak perempuan bilang pada orangtuanya ia menstruasi untuk pertama kalinya, sang ibu atau nenek akan langsung menampar pipi anak perempuan tersebut. Menurut tradisi ini akan membuat pipi si anak perempuan selalu merona merah dan mereka akan lebih punya rasa malu.
  • Anak perempuan yang baru saja haid di Israel akan disuruh menjilat sesendok madu. Ini ditujukan untuk membuat menstruasi berikutnya berjalan lancar.
  • Di Jepang, saat anak perempuan mengalami menstruasi pertama, ibu akan membuat sekihan (semacam ketan dengan kacang adzuki). Makanan ini memang dibuat untuk perayaan di Jepang. Ayah dan keluarga yang lain akan langsung bisa menebak bahwa anak perempuannya sedang mengalami menstruasi untuk pertama kalinya.

Nah Ladies, kalau di daerahmu kira-kira ada tradisi unik apa sih saat menstruasi untuk pertama kalinya? Share di halaman ini yuk.

(vem/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading