KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. RAGAM

TDL Naik, Kenali Cara Kerja Pendingin Ruangan Yuk!

Kamis, 18 Mei 2017 00:01 Penulis: wri
(c) shutterstock

Vemale.com - Berita tentang Tarif Dasar Listrik (TDL) yang naik pastinya jadi salah satu hal yang membuat pusing ibu rumah tangga. Bagaimana tidak, tandanya kamu mesti mulai lebih cerdas lagi menggunakan berbagai peralatan elektronik yang ada di rumah. Misalnya saja pendingin ruangan yang kini banyak digunakan di rumah-rumah untuk membuat udara lebih sejuk.

Ternyata, mengenali cara kerja pendingin ruangan bisa bikin kamu lebih menghemat pengeluaran listrik bulanan, lho. Begini caranya.

Setting Temperatur yang Tepat

Menggunakan AC ternyata nggak bisa sembarangan mengatur temperatur suhunya, lho. Kamu harus menyesuaikan dengan suhu ideal ruangan, supaya AC nggak ‘bekerja keras’ sehingga menghabiskan energi yang nggak perlu. Atur suhu ideal yang disarankan pada 24 – 25 derajat Celsius. Dengan demikian, kompresor AC tidak bekerja terlalu berat sehingga suhu ruangan bisa dengan mudah tercapai. Hal ini juga berdampak pada pengematan energi pada penggunaan AC inverter, lho.

Perawatan AC Juga Diperlukan

Jangan hanya digunakan saja, tapi AC juga harus diservis secara rutin. Pendingin ruangan yang kotor, terutama di bagian filter, evaporator, dan kipas AC akan memerlukan daya ekstra untuk mencapai kondisi ideal pendinginan. Hal ini bisa membuat daya yang digunakan pendingin ruangan jadi lebih banyak dan boros. Supaya kinerja peralatan elektronik yang satu ini tetap maksimal, servis AC secara rutin setiap 3 bulan sekali.

Pastikan AC Dipasang di Ruang Tertutup

Sebaiknya ruangan yang menggunakan AC harus selalu tertutup. Pintu yang sering terbuka bisa menyebabkan angin masuk, sehingga suhu ruangan akan berubah. Dalam kondisi ini, pendingin udara akan terus bekerja mengembalikan suhu seperti yang di-setting lewat remote. Kalau sering terjadi bisa menyebabkan AC menghabiskan daya yang lebih besar dan bikin tarif listrik makin tinggi.

Pilih AC yang Mendukung Hemat Energi

Ini dia salah satu hal yang penting untuk menghemat pengeluaran bulanan, yaitu memilih AC yang mendukung hemat energi. Teknologi terbaru pada pendingin ruangan zaman sekarang memungkinkan pemakaian lebih berhemat. Jadi, tak perlu khawatir biaya listrik jebol di akhir bulan.

Teknologi AC inverter kini banyak menjadi pilihan karena dikenal hemat energi. Seperti pilihan produk pendingin ruangan dari Daikin. Teknologi AC inverter yang ditawarkan Daikin dapat menjaga suhu ruangan tetap stabil sesuai setting temperature yang diinginkan dengan hanya mengurangi putaran kompresor, tanpa harus melalui proses On/Off kompresor. Proses On/Off kompresor pada AC non inverter terjadi saat suhu ruangan sudah tercapai, maka kompresor akan otomatis berhenti berputar dan bila terdeteksi suhu ruangan tidak sesuai dengan setting temperature maka kompresor akan berputar kembali.

Proses On/Off kompresor pada AC non inverter inilah yang memakan daya listrik besar, belum lagi suara yang ditimbulkan saat proses On/Off berlangsung karena kompresor akan berputar cepat untuk mencapai suhu ruangan yang diinginkan.

(c) Daikin

Cari tau perbedaan AC Inverter dan non-inventer di sini

Mengoperasikan pendingin ruangan dengan tepat bisa membantu kamu menghemat biaya listrik bulanan. Terapkan beberapa tips di atas ya, Ladies!

(adv/wri)
KOMENTAR PEMBACA
TOPIK TERKAIT
  1. Advertorial