KAPANLAGI NETWORK
MORE

Cinta Batik, Benarkah Happy Salma Rela Keluarkan Puluhan Juta?

Jum'at, 21 April 2017 11:50 Penulis: Ivana Okta Riyani
Foto: copyright KapanLagi.com

Vemale.com - Batik merupakan kekayaan budaya asli Indonesia yang membanggakan dan harus dilestarikan. Salah satu artis Indonesia yang sangat mencintai batik adalah Happy Salma. Ia bahkan mengoleksi berbagai batik. Dilansir oleh KapanLagi.com (20/4), tak sekadar koleksi, namun Happy juga menghargai proses pembuatan Batik tersebut. Happy sering membeli langsung pada pembuatnya. Ia bahkan juga memburu kain khas daerah lainnya di berbagai pelosok Nusantara.

"Cukup banyak. 10 tahun lalu belajar Batik di musium tekstil susah banget. Saya hargai proses pembuatan Batik, saya mau beli langsung ke pembuatnya. Saya ke daerah kayak ke Kalimantan, beli kain khas sana. Sumbawa, Lamarela, ke mana lah tempat ada kain saya simpan dan jadikan koleksi," ungkapnya.

Happy juga tak sembarangan dalam memilih koleksi Batiknya. Ia benar-benar memilih motif, corak dan warna. Ia seringkali punya motif khusus yang diincar.

"(budget khusus)Kadang-kadang. Kalau punya kebaya dan keinginan warna kayak apa dibudgetin. Saya pernah lihat disalah satu buku, dia menggunakan kain Batik bagus banget. Saya ketemu dengan motif serupa saya simpan. Ada pentas teater ada satu tokoh menggunakan Batik sehari-hari saya pakai yang khusus. Dia punya ibunya atau saya saya simpen, daun pandan dan melati di dalam kain Batik itu," ujar Happy.

Beberapa batik dengan motif tertentu memang cukup menguras budget. Lalu benarkah Happy rela merogoh koceknya hingga puluhan juta rupiah demi koleksi batiknya?

"Gak sampai puluhan juta. Saya gak sampai puluhan juta, masih terjangkau dan kualitasnya bagus dari pembuatnya langsung. Nyuci langsung sesekali lah yah. Biasanya direndem dan gak sampai mesin cuci," ungkapnya.

Nah Ladies, kalau kamu sendiri suka pakai Batik nggak sih? Yuk share jawabanmu di kolom komentar di bawah ini.

(vem/ivy)
KOMENTAR PEMBACA
Video Skrin.id : Donita Ternyata Takut Ambulans