Sukses

Lifestyle

Berkat Anjing Anak Ini Lebih Percaya Diri dengan Kondisinya

Ketika anak menderita kondisi langka yang membuatnya berbeda dari teman-temannya, tak hanya anak tersebut yang akan merasa bimbang, bingung dan kurang nyaman. Orang tuanya pun akan ikut resah dan takut kalau anak tidak bisa menerima kondisinya tersebut dengan hati yang lapang.

Perasaan resah dan takut ini juga dialami oleh seorang ibu muda bernama Stephanie Adcock. Dia adalah salah seorang ibu yang memiliki buah hati dengan kondisi langka vitiligo. Apa itu vitiligo? Ini merupakan penyakit hilangnya warna kulit.

Umumnya, penderita vitiligo akan mengalami pemudaran warna kulit di beberapa bagian tubuhnya sehingga sering kali menyebabkan warna kulit tidak merata, belang-belang hingga totol-totol kurang menarik. Tidak menutup kemungkinan, kondisi ini juga bisa memudarkan warna rambut, bibir dan bagian tubuh lainnya selain kulit.

Anjing dengan kondisi vitiligo | Photo: Copyright today.com

Buah hati Adcock yang bernama Carter (8) juga mengalami kondisi ini. Dikutip dari laman today.com, kondisi ini dialami Carter sejak usianya masih 5 tahun. Pertama kali didiagnosa dengan kondisi ini, baik Carter maupun Adcock sangat khawatir, cemas, resah dan mengalami penurunan rasa percaya diri. Anak 8 tahun itu bahkan sangat sering bercermin dan menangis karena kulitnya berubah dan dinilainya jadi jelek.

Adcock mengatakan, "Sebagai seorang ibu, tak ada yang bisa katakan padanya. Ini sangat memukul perasaannya, juga perasaan saya. Tapi kami harus menerimanya. Dia bilang bahwa dia benci wajahnya, dia benci kulitnya, dia benci tubuhnya. Dia bilang di malu. Itu membuatku sangat khawatir."

Carter bersama keluarga dan salah temannya yang menderita vitiligo | Photo: Copyright today.com

Saat membawa Carter ke rumah sakit untuk memberi tahu kondisinya lebih jauh, dokter yang memeriksanya menyarankan agar Adcock memelihara hewan dengan kondisi Vitiligo juga. Cara ini ampuh untuk membuat anak menerima kondisinya dan merasa bahwa mereka yang menderita vitiligo tidak sendiri. Memelihara hewan dengan kondisi sama dan bersahabat dengannya, akan membuat anak-anak jadi lebih percaya diri.

Carter dan temannya yang sama-sama derita vitiligo | Photo: Copyright today.com

Adcock pun menemukan seekor anjing dengan kondisi Vitiligo bernama Rowdy dan memperkenalkannya kepada Carter. Beruntung, Carter menyukai Rowdy dan ia bisa menjadi sahabat untuk Rowdy. Dengan adanya Rowdy, anak 8 tahun tersebut tak lagi sedih atau resah dengan kondisinya.

Carter merasa lebih percaya diri karena ia melihat ada sesuatu yang menarik dari Rowdy. Ia juga melihat ada yang menarik dari dirinya meski kondisinya tidak biasa. Tak hanya berlaku pada Carter, memelihara hewan dengan kondisi langka seperti anak selama ini dipercaya bisa membuat semangat anak-anak jadi semakin tinggi, lebih percaya diri dan lapang dada.



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading