Sukses

Lifestyle

Masalah Nafkah Dorong Chika Waode Gugat Cerai Suami

Pesinetron berkulit seksi, Chika Waode, secara mengejutkan menggugat cerai suami yang baru sepuluh bulan dinikahinya, Fajri Fauzi. Chika mendaftarkan gugatan itu ke Pengadilan Agama Jakarta Barat, sejak 3 Maret 2017.

Tanpa diketahu ibanyak pihak, keduanya ternyata telah melalui sidang perdana dan memutuskan untuk sama-sama tidak hadir dalam proses mediasi.

"Jadi di Pengadilan Agama Jakarta Barat terdaftar perkara atas nama penggugat Henny Veronika (nama asli Chika Waode) dan tergugat Fajri Fauzi. Terdaftar sejak 3 Maret 2017. Ini sidang pertama tapi tergugat tidak hadir. Oleh karena itu majelis hakim menunda sidang sampai tanggal 20 April 2017 dengan agenda mediasi," ujar Abdul Hadi, Humas Pengadilan Agama Jakarta Barat, ditemui usai sidang, Kamis (6/4) seperti dilansir dari kapanlagi.com.

Saat disinggung mengenai alasan Chika menggugat cerai, pihak pengadilan tidak bisa berbicara banyak. Meski demikian hubungan pasangan yang belum genap 11 bulan menikah itu memang tidak harmonis. "Yang jelas ada percekcokan dalam rumah tangga selama dua bulan. Kalau di sini dijelaskan ada pelanggaran tali talak yang dilakukan oleh tergugat," ujarnya.

Chika Waode/Kapanlagi.com

Bukan hanya masalah perceckokan, keluarga ini juga mengalami persoalan nafkah. Sayang ketika didesak seperti apa hal itu bisa berpengaruh hingga gugatan cerai, humas PA itu tidak memberi jawaban. "Masalah nafkah yang ada. Itu tidak bisa kita jelaskan. Mungkin kalau yang bersangkutan mau menjelaskan tak apa karena ini rahasia pengadilan," tuturnya.

Nafkah memang menjadi perkara besar ketika masuk ke ranah rumah tangga. Sebab, alur keuangan yang tidak transparan di antara suami dan istri bisa menimbulkan kesalahpahaman. Dilansir dari forbes.com. perkara uang bertanggung jawab atas terjadinya 22 persen perceraian. Menjadikannya penyebab ketiga perceraian di Amerika Serikat menurut studi dari Institute for Divorce Financial Analysis.

"Banyak pasangan yang menyembunyikan uang atau utang. Dan ketika pasangannya tahu dimulailah perang dalam pernikahan mereka," kata Perry Higgins sebagai Kepala California Financial Advisors.

Selain itu ada juga ketidaksamaan persepsi pandang pasangan suami-istri. Di mana keduanya punya tujuan yang berbeda dalam keuangan mereka. Daripada menemui konflik, salah satu dari mereka akhirnya memilih menyembunyikan jumlah uang yang ada. Solusi terbaik tetaplah duduk bersama dan bicarakan cara keduanya mengatur keuangan.

"Apabila masalah keuangan mulai mengambil alih pernikahan kalian dan nyaris memicu perceraian, cobalah pertimbangkan meminta pertolongan pihak ketiga," demikian saran Jennifer Ryan Woods dari forbes.com.

(vem/zzu)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading