Sukses

Lifestyle

Menderita Penyakit Langka, Anak 8 Tahun Ikuti Olahraga Triathlon

Kompetisi olahraga triathlon bukanlah sembarang kompetisi olahraga. Kompetisi ini terdiri atas serangkaian cabang olahraga yakni renang, balap sepeda dan lari yang dilakukan secara berkesinambungan dalam satu waktu. Walau kompetisi olahraga ini cukup berat, seorang anak berusia 8 tahun bernama Jake Vella dengan penuh semangat mengikutinya.

Bukan karena ingin mengikuti tren atau gaya-gayaan semata, Jake mengikuti triathlon demi kelangsungan hidupnya dan agar ia bisa tetap fit. Ketika melihat Jake, sekilas kita akan berpikir bahwa ia seperti anak-anak lainnya. Hanya saja, tubuhnya lebih gemuk dari anak-anak seusianya.

Jake saat melakukan olahraga lari | Photo: Copyright metro.co.uk

Jangan salah Ladies, dikutip dari laman metro.co.uk, Jake adalah seorang anak dengan penyakit langka. Ia mengidap apid-onset obesity with hypothalamic dysfunction, hypoventilation and autonomic dysregulation atau ROHHAD. Ini merupakan suatu penyakit yang membuat tubuh Jake mengalami obesitas terus menerus dan sangat mengancam jiwa.

Walau telah melakukan diet ketat, olahraga berat dan aktif bergerak, tubuhnya akan terus bertambah besar. Kondisi ini sendiri sampai saat ini belum ada obatnya. Menjalankan pola hidup sehat dengan sedikit melakukan olahraga rutin adalah satu-satunya cara agar ia bisa bertahan hidup.

Jake yang sedang bersepeda | Photo: Copyright metro.co.uk

Jake didiagnosa menderita ROHHAD sejak usia 5 tahun. Gejala awal yang dialami ketika menderita kondisi ini adalah adanya peningkatan berat badan yang tidak wajar, nafas pendek-pendek saat tidur, detak jantung sering melambat, defisiansi dan sesak nafas. Untuk mengatasi masalah-masalah inilah, orang tua Jake mengajaknya untuk menekuni berbagai aktivitas gerak fisik yang disukainya. Rupanya, Jake sangat suka dengan triathlon.

Jouse dan Maruska Vella, orang tua Jake mengatakan, "Triathlon membantu Jake tetap fit dan aktif. Ini baik buat kesehatannya. Dia juga bisa bertahan dengan baik. Dia bahkan bisa bersosialisasi dengan anak-anak lain dengan begitu mengesankan. Kami sangat mencintainya. Dia adalah anak yang penuh semangat. Dia tahu kondisinya."

Jake yang sedang berenang | Photo: Copyright metro.co.uk

Selain menggeluti triathlon, dalam kehidupan sehari-hari Jake juga melakukan aktivitas seperti anak lain yakni sekolah, main game dan berlatih musik. Hanya saja, ia harus sangat hati-hati karena terserang penyakit paling ringan saja yakni flu bisa menimbulkan komplikasi yang mematikan. Ia juga memiliki risiko tumor ganas lebih besar jika staminanya tak terjaga dengan baik.

Video mengenai kisah Jake salah satunya diunggah oleh pemilik akun facebook bernama Lovin Matta. Sekak diunggah pada pertengahan bulan lalu, video tersebut telah dilihat sebanyak 5,4 juta kali, dibagikan hingga 69 ribu kali, mendapat ratusan ribu like dan ribuan komentar positif dari netizen.

Jake bersama seorang pelatih triathlonnya | Photo: Copyright metro.co.uk

Kisah Jake bahkan telah menjadi kisah yang menginspirasi. Tetap semangat Jake, percayalah bahwa Tuhan selalu bersamamu dan menjagamu.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading