Sukses

Lifestyle

Di Pakistan, Taksi Pink Ini Khusus Untuk Para Penumpang Perempuan

Banyaknya kasus pelecehan seksual terhadap wanita di tempat umum dan alat transportasi membuat banyak pihak di Pakistan khawatir dan ingin meningkatkan keamanan untuk para perempuan. Dari alasan inilah pusat komersial Karachi meluncurkan taksi khusus untuk para perempuan.

Dikendarai oleh wanita, taksi dengan warna pink ini hanya akan melayani penumpang wanita. Para wanita bisa menghubungi nomor taksi jika ingin dijemput di tempat tertentu. Taksi yang akrab dengan sebutan Taksi Pink ini bisa dihubungi dengan berbagai alat komunikasi, mulai dari menelepon, SMS, menggunakan aplikasi mobile di ponsel maupun minta tolong langsung saat taksi ada di tepi jalan.

Ambreen Sheikh dibantu suaminya dalam meluncurkan taksi ini, mengatakan dalam Thomson Reuters Foundation, "Supir kami juga para wanita dan mereka menggunakan kerudung pink serta seragam warna hitam. Mereka adalah ibu rumah tangga, wanita muda dan bahkan mahasiswa."

copyright by straitstimes.com

Laporan yang diberikan pada Karachi's Urban Resource Centre menemukan bahwa mayoritas wanita mengalami kekerasan dan pelecehan seksual di alat transportasi umum. Penelitian yang dilakukan International Labour Organisation pun menunjukkan bahwa para wanita Pakistan ragu bekerja jauh dari rumah karena kurangnya keamanan di angkutan umum untuk para wanita.

copyright by independent.co.uk

Salah satu supir taksi pink, Noor Jehan, mengatakan bahwa ini adalah cara terbaik mengurangi pelecehan seksual, dan menyarankan para wanita untuk berpikir hingga tiga kali sebelum memutuskan naik taksi yang dengan supir laki-laki. Akan lebih aman jika memilih taksi dengan supir wanita.

copyright by MORE News

Sayangnya, tidak seperti angkutan umum yang murah, harga taksi memang lebih mahal dan karena inilah belum semua wanita bisa menggunakan taksi. Di samping itu, taksi pink juga masih melayani area kota saja saat ini.

Wah, semoga saja bisa cepat lebih banyak dan bisa mengakses area lain yang lebih luas ya ladies. Butuh juga nih yang seperti ini di Indonesia.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading