Sukses

Lifestyle

Dia yang Hobi Mengarang Cerita di Medsos Itu Cuma Cari Muka, Ugh!

Oke, setiap orang memang punya haknya sendiri dalam menggunakan akun media sosialnya. Memang tak ada aturan khusus soal bagaimana setiap orang seharusnya menggunakan media sosialnya. Tapi bukan berarti kita jadi seenaknya sendiri mengarang cerita di media sosial, bukan?

Mungkin kamu juga pernah memiliki teman atau kenalanmu yang hobinya mengarang cerita di media sosial. Membuat status atau menyebarkan tulisan yang sama sekali jauh dari kebenaran. Bete banget deh ngebacanya. Dia jadi kayak cuma cari muka dan perhatian. Lalu, gimana cara menghadapi orang yang seperti itu?

Tinggalkan Komentar Meminta Kejelasan atau Klarifikasi

Kalau kamu punya niatan untuk "membawanya kembali ke jalan yang benar" coba tinggalkan komentar untuk meminta kejelasan darinya. Pancing dia untuk memastikan kebenarannya. Biasanya kalau makin terpojok, dia nggak bisa bikin cerita atau alasan panjang lebar lagi. Biar dia juga nyadar kalau orang-orang di sekitarnya itu bukan orang bodoh yang gampang ditipu.

Foto: copyright mashable.com

Hubungi Dia Secara Personal

Kalau dia mengarang cerita yang jelas-jelas memfitnah atau melibatkanmu dalam kebohongannya, ada baiknya kamu turun tangan. Hubungi dia secara personal. Nggak perlu langsung emosi atau marah-marah di media sosial. Coba bicarakan dengannya, kalau dia masih punya harga diri dia seharusnya merasa malu sama kelakuannya sendiri.

Biarkan Netter Lain yang Menilainya

Hanya karena kamu nggak membalas keburukannya, bukan berarti kamu orang yang lemah. Biarkan netter lain yang menilainya. Orang-orang dalam lingkaran medsosnya pasti paham sendiri pada akhirnya. Orang yang cari muka di media sosial itu gampang banget sebenarnya terdeteksi. Dan nanti dia yang akan kena batunya sendiri.

Foto: copyright thinkstockphotos.com

Tanggapi dengan "Kamu Nggak Capek?"

"Kamu nggak capek nyebarin cerita yang nggak bener?"

"Kamu nggak pusing ngarang-ngarang kabar yang nggak jelas?"

"Kamu nggak nyesel nih buang-buang waktu untuk bikin kabar yang nggak jelas?"

Tanggapi dengan pertanyaan sindiran seperti itu sih, seharusnya dia menyadari kesalahannya. Kalau masih juga bebal, ya udahlah ya, biar dia sendiri yang menanggung akibatnya.

Kalau kamu sendiri bagaimana, Ladies? Kalau punya teman atau kenalan yang hobinya ngarang cerita di media sosial, apa  yang biasa kamu lakukan?

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading