Sukses

Lifestyle

Begini Mewahnya Kapal Pesiar Inggris Perusak Karang Raja Ampat

Remuk hati ini mendengar karang indah yang ada di perairan Raja Ampat, Papua Barat rusak oleh kapal pesiar asing di awal Maret 2017. Kerusakan itu merentang hingga 1.600 meter dan membutuhkan paling tidak waktu sepuluh tahun untuk pemulihan.

Caledonian Sky, nama kapal pesiar mewah itu, berukuran 90 meter dan menghancurkan terumbu karang ketika air surut. Saat itu mereka tengah melakukan agenda pengamatan burung untuk para penumpang kapal. Sayangnya mereka salah memprediksi kedalaman luat sehingga terdampar di perairan dangkal dan merusak keanekaragaman hayati di bawahnya.

"Saya lahir di sini dan saya menangis ketika melihat kerusakan ini," ujar instruktur selam setempat, Ruben Sauyai, yang pertama kali mengunggah foto terdamparnya Caledonian Sky di perairan Pulau Kri, Raja Ampat.

Atas kesalahan ini, pihak perusahaan induk Caledonian Sky, Noble Caledonia, menyatakan siap melakukan ganti rugi dan perbaikan, Dilansir dari The Independent, Rabu (14/3), Noble Caledonia menyatakan,"Kami sangat berkomitmen untuk melindungi lingkungan dan itulah mengapa sangat penting insiden ini sepenuhnya diselidiki, dipahami, dan setiap pelajaran akan dipetik dalam prosedur operasi macam ini."

Pemerintah Indonesia sendiri sudah meminta ganti rugi kepada Noble Caledonia. Serta meminta mereka terlibat dalam perbaikan kerusakan yang sudah mereka timbulkan. Kapal ini sendiri termasuk mewah lho, Ladies. Lihat saja galeri foto berikut:

Caledonia Sky/Noble Caledonia

Caledonia Sky/Noble Caledonia

Caledonia Sky/Instagram

(vem/zzu)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading