Sukses

Lifestyle

Tomat, Buah atau Sayur? Ini Jawabannya Ladies

Menurut kamu, tomat itu buah atau sayur?

Ladies, tentu pernah mendapat pertanyaan seperti itu. Jadi sebenarnya tomat itu termasuk buah atau sayur? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, sebaiknya kamu memahami terlebih dahulu makna buah dan sayur.

Para ilmuwan mendefinisikan buah adalah bagian dari tanaman yang memiliki biji di dalamnya. Berbeda dengan ahli kuliner yang menyebutkan jika buah adalah bagian dari tanaman yang dapat dimakan dan rasanya manis. Sedangkan sayuran adalah bagian dari tanaman yang dapat dimakan dan rasanya gurih. Misalnya akar pada wortel, batang pada seledri, bunga pada bunga kol, daun pada bayam. Sedangkan para Ilmuwan tidak memiliki pengertian yang pasti tentang sayuran.

Dari definisi di atas, para ilmuwan beranggapan bahwa tomat adalah buah karena memiliki biji. Sedangkan para ahli kuliner berpendapat tomat adalah sayuran karena tomat memiliki rasa yang gurih alih-alih manis. Jadi apakah itu berarti tomat adalah buah? bukan sayur? Meskipun keberadaan tomat lebih sering disandingkan dengan berbagai jenis masakan.

Well, asal kamu tahu perdebatan tomat termasuk buah atau sayur sudah lama terjadi. Tahun 1886, importir John Nix dan rekannya mengirimkan tomat dari Indian Barat ke Pelabuhan New York tempat pejabat bea cukai, salah satunya Edward Hedden meminta upah sebesar 1/10 pajak sesuai dengan tarif pajak pada tahun 1883 yang dikenakan untuk "sayuran asing". Nix keberatan dengan hal tersebut karena menganggap tomat itu buah dan seharusnya bebas pajak. Kasus tersebut akhirnya dibawa ke Mahkamah Agung di mana tahun 1893, Hakim Horace Gray menetapkan tomat sebagai sayuran.

Beberapa masyarakat masih menganggap bahwa tomat adalah buah, misalnya anggapan masyarakat di South Arkansas. Masyarakat di sana menganggap tomat adalah buah khas, dan di negara bagian lainnya di negara tersebut menganggap tomat sebagai buah dan sayuran. Sebenarnya tomat bukanlah satu-satunya buah yang dianggap sebagai sayuran. Terong, paprika, mentimun, buncis dan kacang polong adalah buah yang juga dianggap sebagai sayuran.

Terlepas perdebatan tomat termasuk buah atau sayur, tomat kaya akan manfaat bagi kesehatan. Jadi mulai sekarang konsumsi tomat tanpa perlu bingung definisi tomat termasuk buah atau sayur. Jadi kamu tim tomat sebagai buah atau sayur? Share di kolom komentar ya.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading