Sukses

Fashion

Ternyata Ada Produk Make-up yang Harus Diganti Meski Belum Kadaluarsa Loh!

Ladies and moms yang ada di sini pasti banyak yang siap sedia berbagai produk makeup di dalam tas dan punya lebih banyak lagi di meja rias kan? Make-up memang jadi senjata buat mengubah penampilanmu. Tapi tahukah kamu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan make-up?

Bukan hanya memperhatikan produk dan teknik penggunaan makeup, melainkan juga kapan kamu harus mengganti produk makeup yang digunakan. Perlu diketahui, produk makeup memiliki tanggal kedaluwarsa.

Melansir dari Boldsky pada Minggu (25/3/2018), setiap produk makeup perlu diganti jika memang sudah tidak layak. Kapan saja itu? Simak informasi selengkapnya di sini!

1. Foundation

Foundation cair memiliki kadar air yang cukup tinggi sehingga meningkatkan kemungkinan pertumbuhan bakteri. Kamu hanya boleh menggunakannya maksimal selama satu tahun.

Ketika foundation disimpan semakin lama, maka konsistensinya semakin tebal. Itu berarti bakteri telah tumbuh subur di foundation. Kamu akan melihat foundation akan semakin tebal tepat di bagian tutupnya. Area tersebut lebih banyak memiliki kontak dengan udara sehingga akan lebih banyak lagi bakteri di sana.

Untuk mencegah jerawat dan iritasi kulit, gantilah foundation setiap delapan bulan hingga satu tahun sekali. Hindari mengambil foundation dengan menggunakan jari. Lebih baik gunakan foundation dalam bentuk pump atau tabung.

2. Maskara

Maskara memiliki tekstur yang basah dan kondisi di dalamnya begitu gelap sehingga cocok untuk pertumbuhan bakteri. Kamu harus mengganti maskara dalam waktu enam bulan. Karena sikat maskara menjadi benda yang paling dekat dengan mata dan Anda lebih mudah terinfeksi.

3. Eyeshadow

Produk bertekstur bubuk seperti eyeshadow memang tidak mudah dihinggapi bakteri seperti krim atau produk cair. Kamu bisa menggunakan produk eyeshadow dalam tiga tahun. Satu hal yang pasti dilakukan adalah membersihkan kuas eyeshadow secara teratur karena ini menjadi cara terbaik untuk menghindari bakteri.

4. Lipstik

Lipstik harus diganti setelah satu tahun karena akan mulai mengering. Terutama untuk lipstik matte. Karena teksturnya yang kering akan membuat lipstik matte lebih mudah kering dibanding lipstik glossy.

5. Perawatan kulit

Sebagian besar produk perawatan kulit memiliki masa simpan yang panjang. Namun hati-hati saat menggunakan krim mata. Karena penggunaannya dekat dengan area mata, membuat bakteri lebih mudah menyerang mata. Oleh sebab itu, khusus krim mata diganti setiap enam bulan sekali.

6. Concealer

Jika kamu sering menggunakan concealer dengan jari-jari, kamu hanya bisa menggunakannya selama delapan bulan. Namun jika menggunakan kuas, kamu hanya bisa menyimpan concealer selama 18 bulan.

7. Blush on dan bronzer

Karena produk ini bertekstur bubuk, membuatnya produk ini tidak mudah dihinggapi oleh bakteri. Kamu dapat mengguunakan produk ini selama dua tahun tanpa perlu khawatir. Pastikan untuk menggunakan kuas yang bersih.

8. Eyeliner

Eyeliner gel dan cair yang digunakan dengan kuas harus diganti setiap enam bulan sekali. Karena produk ini sangat berhubungan area sensitif pada mata yang dapat menyebabkan infeksi jika terlalu banyak bakteri yang menumpuk.

Nah ladies and moms, apakah ada produk makeup milikmu yang ternyata sudah waktunya diganti? Yuk cek dan segera, dan pastikan semuanya aman ya!

Sumber: Liputan6.com

(vem/dew)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading