KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. PEOPLE WE LOVE

Kerudung Bukan Halangan Bagi Okky Asokawati

Jum'at, 15 Juni 2012 07:00 Penulis:
Foto dok. Vemale

Vemale.com - Vemale.com - Okky Asokawati, wanita cantik dengan tinggi 174 sentimeter ini begitu populer di eranya dulu, karir modelnya ia mulai saat ia terpilih menjadi salah satu nominasi di pemilihan Majalah Gadis di tahun 1978. Lain Okky dulu lain sekarang, perempuan berdarah Jawa Sunda ini ditempa berbagai pengalaman dalam hidupnya, hingga membuatnya bertransformasi dan buat tekadnya untuk menjadi muslimah yang taat.

“Ibaratnya sebuah batu karang, pada pukulan keberapa yang membuat batu itu pecah? Kita nggak bisa bilang pada pukulan ke-100, karena dari pukulan pertama hingga pukulan 100 memiliki kontribusi. Maka keputusan saya untuk berkerudung adalah akumulasi dari pukulan satu hingga seratus tersebut,” ungkap Okky kepada tim Vemale saat menemuinya di gedung DPR.

Dari akumulasi pengalaman hidup Okky memutuskan menggunakan jilbab pada tahun 2006. Okky ingat saat itu ia berniat pergi ke sebuah pusat perbelanjaan, tiba-tiba ia merasa bahwa saat itu saat yang tepat untuk mengenakan jilbab.

“Tapi saya yakini betul bahwa ketika sore itu saya memutuskan untuk berkerudung, itu karena saya mencari dan ingin selalu mendekatkan diri saya kepada Allah SWT. Sejak saat itupun saya mulai rajin melakukan ibadah-ibadah sunnah, tidak hanya ibadah wajib saja,” ujar Okky. “Secara terakumulasi, saya menjadi lebih ingin dekat, hingga saya memutuskan terus menggunakan kerudung.”

Kerudung Bukan Halangan Bagi Saya

“Sampai saat ini teman-teman masih banyak mengatakan, 'Badanmu kan masih bagus, masih bisa mengikuti fashion, ngapain sih pakai kerudung? Nanti aja pakai kerudungnya!' ” papar Okky.

Tetapi kerudung bukan kendala bagi Okky, kehidupan sosialnya pun masih berjalan normal, ia masih menerima undangan-undangan fashion show.

“Seperti Show Biyan kemarin, saya datang, teman-teman saya mengajak after the show party misalnya, saya ikut. Mereka free flow wine, ya saya minumnya air putih. Teman-teman bajunya asyik dan trendy, sementara saya sangat nyaman busana muslim saya, “ ucap Okky, yang mantap bertutur kepada Vemale. Mengenakan kerudung menurutnya bukan berarti tidak bisa tampil cantik dan bergaya.

Allah Itu Cinta Proses

“Kalo kita berbicara fashion dan hijab itu memang ada prosesnya menurut saya. Banyak orang bertanya ke saya, 'Gimana tuh mbak Okky, berkerudung tapi masih pakai jeans dan kaos ketat?' Tapi buat saya tidak apa-apa, karena itu proses, Allah juga cinta proses. Allah bukan tidak bisa menciptakan manusia misalnya langsung berumur 17 tahun, manusia terlahirpun dengan proses,” ucap Okky.

Menurut Okky menuju tampilan yang lebih bersyariat itu memang memerlukan proses tergantung sampai di tahap mana, hijabers pemula dengan hijabers dengan pengalaman puluhan tahun itu berbeda. Hijabers yang bersyariat menurutnya bukan saja sekedar sempurna menutup auratnya, namun ia juga bisa menginspirasi banyak muslimah lainnya untuk mengenakan hijab. Mereka adalah orang yang pintu hatinya telah dijaga dengan baik, menjalankan segala hal yang diridhoi Allah SWT.

Bekerja itu Ibadah, Sedekah untuk Bekal Akhirat           

Masuk di dunia politik merupakan bidang baru yang ia geluti, hampir 80% kegiatannya kini ia curahkan untuk kegiatannya sebagai legislator. Berbeda dengan politikus pada umumnya, Okky justru takut untuk mengumbar janji, karena saat ia masih menjadi calon legislatif, ia belum tahu akan seperti apa di parlemen nanti.

Menjaga untuk tetap bersih dan jujur dalam bidang politik telah dilakukan oleh Okky. Ia tanamkan di kepalanya bahwa ia berada di parlemen untuk kepentingan rakyat dan untuk menjaga dirinya agar selalu tetap jujur dalam bekerja, Okky melakukan segala yang ia terima dengan hati ikhlas dan banyak bersyukur.

Mengenai sekolah modelingnya, ia mengaku bahwa tujuannya lebih ke sisi idealisme, bukan untuk mencari keuntungan.

“Philosophy saya membuka sekolah modeling memang untuk mendidik generasi muda di lingkup model, untuk menjadi professional di bidang modeling yang baik. Namun kini dengan pribadi saya sekarang ini, saya malah inginnya lebih menanamkan ke mereka menjadi lebih ke “the best of you” saja, nggak intens ngajak mereka jadi model,” jelas Okky.

Berdamai Dengan Keadaan

Di luar kesibukannya di dunia politik, kehidupan Okky sebagai single parent ia jalani dengan kuat. Okkie juga mengatakan keinginannya untuk bersuami kembali masih ada, namun segalanya ia serahkan pada Allah SWT.

“Manusia itu makhluk sosial pasti membutuhkan pasangan, di mana ia bisa curhat, bisa berbagi. Meskipun kita punya sahabat perempuan, pasti berbeda antara sahabat dan suami. Tapi meski begitu saya juga menahan diri ini untuk tidak mencari-cari, karena saya yakin kalau memang jodoh nggak usah dicari, nanti juga pasti datang,” ucap Okky yang mengaku ia membutuhkan figur lelaki yang bisa memberinya damai serta menentramkannya saat hal yang ia targetkan tidak tercapai dengan sempurna.

Segala hal memang ada hikmahnya menurutnya, kadang baik menurut kita belum tentu baik hasilnya, ataupun kadang buruk menurut kita, bisa jadi itu adalah hal yang terbaik dan jalan terindah yang diberikan Tuhan kepada umatnya.

Ingin tahu tips agar tetap fashionable saat memakai jilbab? Okky Asokawati membagi tips cantik berjilbab khusus untuk sahabat Vemale :)

(vem/ana/yel)
KOMENTAR PEMBACA