1. VEMALE
  2. /
  3. PEOPLE WE LOVE

Kisah Rebecca, Gadis Asal Indonesia Juara Kompetisi Balet Bergengsi Dunia

Kamis, 16 Agustus 2018 12:11 Penulis: Winda Carmelita
Rebecca Alexandria Hadibroto/Foto: copyright instagram/rebeccalexandriah

Vemale.com - Ladies, jika ditanya tentang faktor kesuksesan, mana yang lebih kamu percaya: keberuntungan dan modal materi ataukah kerja keras dan disiplin? Sebagian orang percaya, dengan memiliki uang yang cukup kita bisa memiliki apa saja yang kita inginkan. Sayangnya, kesuksesan selalu punya jalannya sendiri dan tak bisa dibeli.

Kerja keras takkan mengkhianati hasil, itulah yang dibuktikan oleh gadis berusia 11 tahun bernama Rebecca Alexandria Hadibroto. Di usia yang sangat belia, Rebecca berhasil merebut piala kemenangan di tempat pertama dalam kompetisi Youth America Grand Prix (YAGP). YAGP merupakan kompetisi balet bergengsi dan terbesar di seluruh dunia yang diadakan di Amerika. Mereka yang berhasil menjuarai kompetisi ini akan mendapatkan kesempatan beasiswa untuk melanjutkan sekolah baletnya secara profesional.

Rebecca, menjadi satu-satunya dan orang Indonesia pertama yang menjuarai kompetisi internasional ini. Pencapaian Rebecca sungguh luar biasa karena untuk meraih kemenangan ini, banyak hal yang sudah dilewatinya.

Jordan Matter, seorang fotografer kawakan yang karyanya sudah melanglang buana di media-media besar dunia seperti Today, BBC, The Huffington Post dan lain-lain, menemukan Rebecca dan Claresta Alim, pelatihnya. Matter mendokumentasikan kisah dan semangat Rebecca menjadi seorang pebalet profesional di usia yang sangat muda dalam video Youtubenya yang berjudul "Indonesian Ballerina Overcomes Poverty to Win Huge International Competition (Emotional)"

Sumber: Youtube.com/Jordan Matter

Ya, Rebecca lahir dari keluarga yang terbatas secara ekonomi. Ia tidak punya gadget canggih dan mahal seperti teman-teman sekolahnya. Sang pelatih menceritakan, untuk makan pun keluarga Rebecca sangat sederhana. Tetapi Rebecca tidak pernah mengeluh dan selalu merasa cukup dalam kesederhanaan.

Kecintaan Rebecca terhadap dunia tari dimulai sejak usia 2,5 tahun. Seperti yang kita tahu, biaya untuk les balet di Indonesia mahal. Namun tidak menghentikan semangat Rebecca menari. Meski tertatih-tatih, bahkan untuk membeli sepatu pointe shoes saja Rebecca membutuhkan sponsor. Tapi kedisiplinan Rebecca dalam berlatih membawanya memenangkan berbagai kejuaraan dunia di bidang balet.

Rebecca adalah kisah nyata, betapa semua orang punya kesempatan yang sama untuk sukses. Hanya tiap orang punya semangat berjuang yang berbeda-beda. Bukan kekayaan yang membuatmu menjadi orang sukses, melainkan semangatmu untuk berjuang dan selalu belajar. Selamat, Rebecca! Keep up your good work, Girls!

"I almost give up, and when I'm about to give up, I remember what my parents say: If you have a big dream, you can reach it. And I always pray, so I can do my best." -- Rebecca Alexandria


(vem/wnd)
KOMENTAR PEMBACA
Citra Scholastika Ditantang Tirukan Ghea, Marion & Jodie