1. VEMALE
  2. /
  3. PEOPLE WE LOVE

4 Tips Solo Travelling Ala Famega yang telah menjelajah 18 Negara

Jum'at, 18 Mei 2018 17:00 Penulis: Anisha Saktian Putri
Source: Instagram/Cyapila

Vemale.com - Travelling memang dapat menjadi 'vitamin' di tengah aktivitas yang padat. Beberapa orang mencuri-curi waktu untuk melakukan perjalanan. Namun pernahkah kamu berpikir melakukan travelling dari Asia menuju Eropa melalui jalur darat? Pasti kamu berpikir hal tersebut mustahil terjadi.

Anggapan tersebut pun dipatahakan Perempuan bernama, Famega Syavira Putri, ia telah berhasil menjelajah 18 negara di tiga benua hanya dalam waktu 4,5 bulan menggunakan jalur darat.

Rencana perjalanan darat

Perempuan berusia 32 tahun ini mengatakan lebih memilih jalur darat, karena ia bisa menikmati lebih dekat keindahan dunia, serta dapat mengamati apa yang ada di sekililingnya selama perjalanan tersebut.

“Aku bisa lebih dekat dengan sekililingku selama perjalanan darat. Jadi nggak hanya terbang lalu sampai tempat tujuan,” ujarnya saat dihubungi redaksi Vemale.com, beberapa waktu lalu.

Rencana perjalanan Famega pun terbilang nekat, ia hanya mempersiapkan perjalanan keliling dunianya dalam waktu yang cukup singkat, yaitu 2 bulan. Dalam waktu tersebut, mengurus visa lah yang sangat menguras waktu.

“Perencanaan dua bulan tersebut, paling sulit memang mengurus via karena hatus menyiapkan empat visa, seperti Tiongkok, Mongolia, dan visa Schengen yang berlaku di banyak negara di Eropa. Persiapan selebihnya lebih ke go with the flow jadi nggak banyak rencana,” tambahnya.

Memulai perjalanan

Famega memulai solo travelling dari Indonesia menuju Eropa pada bulan April 2017. Perjalanannya dimulai dengan menyeberang dari Dumai ke Malaka, Malaysia, lalu naik bus ke Hatyai, Thailand. Dari Thailand ke Laos, kemudian lanjut ke Vietnam, lalu Cina, Mongolia, Rusia dan masuk kawasan Schengen, Eropa

Seluruh perjalanannya menggunakan jalur darat dan laut tanpa menggunakan pesawat. Mulai dari angkot, bus, kereta pun dipilih Famega untuk mencapai tujuannya.
Kecuali ketika Famega saat ingin pulang ke Indonesia, ia memilih menggunakan pesawat.

Mengapa memilih travelling sendirian?

“Saya milih perjalanan solo karena lebih enak aja jalan-jalan sendirian. Banyak hal menarik ketika ketika bertemu orang-orang. Kalau hanya ke museum, kota tua, lama-lama juga bosen. Aku juga paling ngga suka jalan-jalan nginep di hotel bagus, pake tour, malah jadi tidak seru,”

Kesulitan pasti dialami Famega, seperti perbedaan bahasa di setiap negara. Namun, bahasa Inggris yang fasih cukup membantunya.

Tips perjalanan Famega

Nah, kamu pun bisa travelling menggunakan jalan darat sendirian seperti Femega, dengan beberapa tips di bawah ini:

1. Akomodasi

Menurut Famega, akomodasi selama perjalanan darat tidak sulit. Kamu bisa mencari akomodasi di agent-agent perjalanan terpercaya atau jika kamu ingin mencari penginapan gratis bisa mengunjungi website couch surfing.

“Saat cari akomodasi, kamu bisa melihat rating dan komentar orang-orang, jangan sungkan untuk mencari yang murah untuk meminimalisir pengeluaran. Atau berselancar di website couch surfing untuk mendapatkan tempat tinggal gratis,” ujarnya.

2. Menentukan biaya perjalanan

Budget saat perjalanan memang salah satu hal yang harus dipikirkan. Bahkan, banyak orang tidak jadi melakukan perjalanan karena terbentur biaya.

Namun, Famega punya cara jitu untuk menyelesaikan masalah tersebut. Menurutnya, tentukan biaya yang akan kamu bawa berapa banyak. List negara mana saja yang akan kamu datangi. Cari tahu di satu negara kamu harus mengeluarkan uang berapa.

“Misalnya kamu harus tahu sehari ingin mengeluarkan uang berapa, hal ini membuat kamu jadi tidak over budget,” ucapnya.

3. Kebutuhan pribadi selama perjalanan

Ketika ingin melakukan perjalanan, pasti kamu sudah repot dengan sejumlah persiapan, seperti bawa baju berapa banyak, apa saja yang akan dibawa.

Namun, Famega mengatakan, apa yang kamu butuhkan ketika kamu di rumah, itulah yang kamu butuhkan selama perjalanan. Sebaiknya jangan membawa barang terlalu banyak karena akan merepotkan.

“Jangan terlalu berat membawa barang, pikirkan saja apa yang kamu butuhkan di rumah pasti akan dibutuhkan dalam perjalan,”ungkapnya.

4. Selalu waspada

Famega menyarankan untuk selalu berhati-hati di dalam perjalanan. Perhatikan kondisi lingkungan sekitar. Tapi justru jangan membuatmu jadi parno.

Famega mengatakan, awalnya memang sulit namun ketika dijalani dengan fokus dan berusaha sekuat tenaga, apa yang kamu inginkan pasti akan terwujud.

Nah ladies, itu dia beberapa persiapan yang harus kamu lakukan ketika ingin melakukan perjalanan. Selamat mencoba!

(vem/asp)
KOMENTAR PEMBACA
TOPIK TERKAIT
  1. Travel
8 Kejutan yang Bakal Bikin Kamu Bakal Puas Nonton FANTASTIC BEASTS THE CRIMES OF GRINDELWALD