Sukses

Lifestyle

Najwa Shihab Optimis Netizen Indonesia Akan Santun & Tinggalkan Hate Speech

Menjadi seorang konten kreator menghasilkan satu risiko; terpapar luas sehingga mudah dijadikan sasaran kebencian oleh netizen. Coba saja kamu lihat kolom komentar para selebriti dan tokoh ternama lain. Akan ada saja komentar jahat yang membuat kita yang membacanya mengelus dada.

Namun, Najwa Shihab sebagai salah seorang presenter TV yang juga pencipta konten digital di media sosial, mengaku merasa positif bahwa netizen Indonesia akan semakin santun. Pasalnya, netizen nantinya akan didominasi oleh Generasi Z -- anak bangsa yang lahir dari generasi Millenial.

Dikatakan Najwa, Generasi Z merupakan generasi yang sudah terbiasa dengan gadget dan konten digital yang terdapat di dalamnya. "Di generasi ini pula terjadi sebuah tendesi bahwa 'I've seen it all' karena keberlimpahan informasi yang mereka dapati," ujar Najwa ketika memberi workshop di acara XYZ 2018 --sebuah konferensi inspirasi multi-generasi, di The Hall Senayan City, Jakarta, Rabu (25/4).
Copyright: KapanLagi.com/Budi Santoso
"Sesungguhnya yang mudah terperdaya oleh berita dusta atau hoax bukanlah generasi dedek-dedek yang hadir di ruangan ini. Yang mudah terperdaya justru Generasi X dan yang lebih tua, mereka yang masih tergagap-gagap betapa kecepatan itu ada di tangan," tegasnya lagi

Generasi Z didefinisikan oleh Ranstad dari Kanada adalah mereka yang lahir di antara tahun 1995 - 2004. Sedangkan Pusat Riset McCrindle dari Australia mendefinisikan Generasi Z sebagai mereka yang ada di dunia sejak tahun 1995 - 2009.

Generasi ini, tambah Najwa, tidak mudah termakan hoax dan berita dusta karena mereka cenderung mencari info tambahan ketika ada sesuatu yang menarik minat mereka. Mereka akan sukarela mencari lebih dalam lagi mengenai suatu informasi dari sumber yang sudah terkurasi dan terpercaya.

Namun demikian, untuk memuaskan kehausan informasi dan teknologi Generasi Z, dibutuhkan pendekatan yang berbeda. Generasi Z harus bisa disertakan dalam cerita sebuah konten digital sehingga membuat mereka merasa terlibat.

"Yang perlu sekarang yang kita lakukan adalah mendorong bagaimana berita-berita yang terkurasi yang masuk ke tangan mereka yang punya nilai positif dan bagaimana kita sama-sama menciptakan konten positif," tutup Najwa.

Serba-serbi mengenai konten digital saat ini tengah dibagikan oleh para konten kreator dalam ajang XYZ 2018 di The Hall Senayan City, Jakarta. Acara yang berlangsung pada Rabu (25/4) ini menghadirkan para kreator yang mewakili generasi masing-masing; Najwa Shihab, Deddy Corbuzier, Ernest Prakarsa, Ria Ricis, hingga Raditya Dika.

Dengan tema besar 'How to Win XYZ Generations Through Digital Content', acara ini diharapkan bisa memancing kreativitas netizen Indonesia untuk menciptakan konten yang bernilai dan bermanfaat.

(vem/zzu/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading