Sukses

Lifestyle

Tokoh-Tokoh Suku Bugis yang Sukses Harumkan Nama Bangsa

Indonesia memiliki berbagai suku bangsa yang membawa keberagaman adat, budaya, hingga bahasa daerah. Salah satu suku bangsa yang berasal dari wilayah Sulawesi Selatan adalah Bugis. Dikenal sebagai perantau, tidak heran jika orang-orang Bugis kini menyebar, tidak hanya di Indonesia, tapi juga hingga mancanegara. Prestasi yang ditorehkan pun tidak main-main, yuk, kenali beberapa tokoh terkenal yang memiliki darah Bugis.

Muhammad Syamsi Ali

Lahir di Bulukumba, Sulawesi Selatan, Syamsi Ali merupakan imam di Islamic Center of New York. Aktif dalam kegiatan dakwah Islam, pria berusia 50 tahun ini juga dipercaya menjadi direktur Jamaica Muslim Center, yayasan dan masjid di kawasan timur New York, AS.

Setelah menyelesaikan studi S2 di Pakistan, Syamsi Ali mendapat undangan memberi ceramah di Konsulat Jenderal RI Jeddah di Arab Saudi. Dari sini, ia bertemu Dubes RI untuk PBB yang menawarkannya untuk pindah ke New York. Tawaran ini diterima dan hingga kini tetap aktif menjaga komunikasi antar agama di Amerika Serikat, terutama pantai timur.

Muhammad Quraish Shihab

Namanya mungkin sudah tidak asing karena selain merupakan mantan Menteri Agama pada Kabinet Pembangunan VII, beliau juga sering terlihat di layar televisi saat bulan puasa. Ayah dari host ternama Najwa Shihab ini memang berasal dari keluarga keturunan Arab Quraisy-Bugis yang terpelajar.

Quraish Shihab memang bukan satu-satunya pakar al-Qur’an di Indonesia, tapi kemampuannya dalam menerjemahkan dalam buku dan ceramah yang dapat diterima masyarakat modern, membuatnya lebih dikenal. Tidak heran jika namanya masuk dalam daftar 500 Muslim Paling Berpengaruh di Dunia, berkat jasa-jasanga mengembangkan ilmu keislaman dalam berbagai kegiatan.

Bacharuddin Jusuf Habibie

Siapa yang tak kenal B.J Habibie? Selain pernah menjabat sebagai Presiden RI ketiga, beliau juga mendalangi pembuatan pesawat N250 Gatot Kaca yang merupakan pesawat buatan pertama Indonesia. Kondisi ekonominya yang merosot setelah ayahnya meninggal, membuat pria kelahiran Pare-Pare ini bekerja keras menyelesaikan studinya.

Selain prestasi yang cemerlang, siapa pun pasti mengenal kisah cinta abadi B.J Habibie dengan Hasri Ainun Habibie. Bahkan jalinan asmaranya ini diangkat dalam film Habibie & Ainun dan Rudy Habibie yang sukses diperankan oleh Reza Rahardian sebagai Habibie.

Riri Riza

Nama Riri Riza dianggap sebagai salah satu yang membangkitkan kembali industri film Indonesia yang sempat terpuruk. Beberapa karyanya menjadi favorit masyarakat, seperti Petualangan Sherina, Gie, dan Laskar Pelangi.  Selain menjadi sutradara, pria yang lahir di Makassar ini juga menjajal profesi lain sebagai produser film Pendekar Tongkat Emas.

Jiwa perantau yang tidak kenal menyerah yang dimiliki Suku Bugis membuat banyak tokoh meraih kesuksesan dan mengharumkan nama Bangsa. Tak terkecuali Nurdin Halid. Sebelumnya dikenal sebagai politis kawakan dan Ketua PSSI, pria kelahiran Watampone ini siap bertarung di Pilkada Sulsel 2018.

Dukungan pun terus mengalir pada Nurdin Halid dan pasangannya, Aziz Qahhar Mudzakkar, salah satunya dari Syahriar Tato. Seniman dan budayawan makassar ini percaya dengan program pengembangan ekonomi yang ditopang kearifan budaya, akan membawa Sulsel berjaya seperti masa lampau.

 ©merdeka.com

Calon Gubernur Sulsel ini bahkan disandingkan oleh Karaeng Pattingalloang yang membawa Kerajaan  Makassar  (Gowa-Tallo) mencapai masa keemasan. Semoga mandat yang diberikan dapat diemban NH-Aziz dengan baik.

(vem/eth/ayu)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading