Sukses

Lifestyle

Sri Mulyani, Menteri Terbaik yang Disorot Media Asing Sebagai Tanpa Cacat

Selamat untuk Menteri Keuangan Indonesia, Sri Mulyani Indrawati, yang dinobatkan sebagai Menteri Terbaik di Dunia (Best Minister in the World). Gelar ini ia dapatkan dalam konferensi tingkat tinggi, World Government Summit, di Dubai, Uni Emirat Arab, pada 10-13 Februari 2018. Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Wakil Presiden dan Perdana Menteri UEA, Sheikh Mohammad Bin Rashid Al Maktoum.

Sri menyandang gelar tersebut setelah menyingkirkan tujuh finalis menteri dari berbagai negara lain. Dalam penilaian yang dilakukan bersama dengan Ernest & Young (EY), beberapa unsur penilaian berupa upaya luar biasa dari menteri terkait untuk menunjukkan keunggulan di sektor publik, menerapkan reformasi yang sukses, dan memberi inspirasi kepada pemimpin pemerintah dan penyedia layanan lainnya untuk mempromosikan inovasi di dalam wilayah mereka yakni untuk lebih melayani kebutuhan warganya.

Sekelompok panel juri juga yang terdiri dari para pakar dan figur perwakilan dari beberapa organisasi internasional juga memilih pemenang berdasarkan beberapa kriteria. Antara lain dampak sosial ekonomi, skalabilitas, inovasi, dan kepemimpinan.

"(Sri) dipuji karena memperkuat perekonomian Indonesia. Usaha Indrawati berhasil meningkatkan investasi dan menyetir perekenomian terkuat di Asia Tenggara melalui krisis finansial 2007-2010," puji media Dubai, The Gulfnews.com, Senin (12/2).

Masih dalam artikel yang sama, Sri mendapat tepukan tangnan berkat rekam jejaknya di bidang ekonomi, terutama di Bank Dunia dan meningkatkan perekonomian Indonesia.

Sri Mulyani/merdeka.com

"Pada tahun 2005, salah satu tindakan pertamanya sebagai Menteri adalah untuk memberantas korupsi dan petugas (pelaku) di departemen tersebut. Baru satu tahun kemudian, dia dinobatkan sebagai Euromoney Finance Minister of the Year oleh majalah Euromoney. Indrawati kemudian diangkat sebagai Managing Director Kelompok Bank Dunia pada tahun 2010 dan mengundurkan diri sebagai Menteri Keuangan, sebelum diangkat kembali pada tahun 2016," puji artikel tersebut.

Terkait dengan gelar ini, Sri mempersembahkan penghargaan tersebut pada 257 juta rakyat Indonesia. Tak lupa ia juga mengapresiasi 78.164 jajaran Kementerian Keuangan karena telah bekerja keras untuk mengelola keuangan negara dengan integritas dan komitmen tinggi untuk menciptakan kesejahteraan rakyat yang merata dan berkeadilan.

"Berbagai upaya reformasi kebijakan telah dicanangkan di Kementerian Keuangan, bertujuan untuk mendorong kebijakan fiskal menuju pembangunan yang inklusif dan berkelanjutan. Reformasi birokasi di Kementerian Keuangan juga sudah membuahkan banyak hasil," kata Sri Mulyani melalui keterangan resminya, Minggu (11/2).

(vem/zzu)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading