Sukses

Lifestyle

Aktif dalam Politik, Puti Soekarno Pegang Teguh Prinsip Pengabdian

Partisipasi perempuan di bidang politik memang layak menjadi apresiasi. Hal ini bisa menjadi bukti bahwa perempuan masa kini mampu melebarkan sayap ke dalam berbagai bidang. Nggak terkecuali ranah politik. Sosok perempuan Indonesia yang berkecimpung dalam bidang ini juga cukup banyak contohnya. Puti Guntur Soekarno kini menjadi salah satu nama yang tengah banyak mendapat sorotan.

Dunia politik memang bukan hal yang asing lagi bagi sosok Puti Guntur Soekarno. Gimana nggak, di dalam tubuhnya mengalir darah sang proklamator kemerdekaan RI, Ir. Soekarno. Sang tante, Megawati Soekarno Putri, dan sepupunya, Puan Maharani, juga terjun dalam bidang yang sama. Jadi, bukan hal yang mengherankan kalau Puti juga menaruh minat pada dunia tersebut.

(c)Instagram/puti_soekarno

Dalam sebuah wawancara dengan reporter Merdeka.com, Puti bercerita bagaimana diskusi politik dengan ayahnya sejak kecil menjadi salah satu hal yang membangun minatnya.

“Saya tumbuh dari keluarga yang berlatar belakang poltik, sebenarnya dari mulai kecil kami memang sudah tidak asing lagi dengan pembicaraan yang berbau politik. Artinya politik tidak melulu bicara soal kekuasaan dan lain sebagaianya, tetapi pembicaraan tentang bagaimana mencintai tanah air, budaya itu sudah menjadi bagian dari diskusi-dikusi politik kecil,” kenangnya.

Nggak bisa dipungkiri juga, pandangan sang kakek banyak mempengaruhi persepsi Puti dalam bidang politik. Meskipun awalnya Puti tidak langsung terjun dalam bidang tersebut. Dia sempat menjadi ibu rumah tangga terlebih dulu, baru kemudian aktif dalam Yayasan Bung Karno dan Fatmawati.

(c)Instagram/puti_soekarno

Seiring berjalannya waktu, minatnya dalam bidang politik semakin dalam. Hal ini yang kemudian menjadi motivasinya untuk lebih aktif lagi berkegiatan. Istri dari Joy Kameron ini memegang teguh prinsip pengabdian dalam berpolitik. Inilah yang membuatnya kemudian mulai merencanakan pengabdian yang lebih dalam lagi, yaitu dengan menjadi anggota DPR RI.

“Berjalannya dengan waktu akhirnya saya memutuskan saya harus ada pengabdian yang lebih lagi, makanya saya masuk politik. Masuk politik praktis dalam artian saya masuk partai di PDI Perjuangan dak akhirnya saya masuk DPR RI dua periode di komiisi X dan memang akhirnya sudah jadi takdir ikut dalam kontestasi Pilkada Jatim ini dan ditugaskan oleh Ibu Ketua Umum sebagai cawagub,” terangnya kemudian.

Berbekal niat mengabdi, Puti pun memantapkan diri melaju dalam Pilkada Jatim sebagai cawagub yang mendampingi Saifullah Yusuf atau yang biasa disapa Gus Ipul. Ibu dua anak ini kemudian mendapatkan banyak sorotan. Nggak hanya karena mewarisi darah presiden pertama RI saja, tapi sosoknya yang memang tangguh dan menjadi inspirasi perempuan lainnya. Semoga Mbak Puti, sapaan akrabnya, bisa mewujudkan impian mulianya ini ya, Ladies.

(vem/ayu)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading