Sukses

Lifestyle

Wanita dan Politik, Begini Perjalanan Karier Puti Guntur Soekarno

Megawati Soekarnoputri dan Puan Maharani, dua wanita yang sukses menorehkan tinta emas di ranah politik tanah air. Kiprah mereka tentu sudah tak asing lagi kan, Ladies? Tak hanya mereka saja, sosok lain dari trah Soekarno yang juga siap melebarkan sayap di dunia politik adalah Puti Guntur Soekarno. Wanita kelahiran Jakarta, 26 Juni 1971 itu adalah putri tunggal dari putra pertama Soekarno, Guntur Soekarno Putra.

Perlu kamu tahu Ladies, tentu bukan tanpa alasan Puti siap menerbangkan karier lebih jauh di dunia politik. Sosok bersahaja itu memiliki sifat nasionalis yang telah tertanam sejak kecil karena tumbuh besar di lingkungan keluarga yang berlatar belakang politik. Jadi berbagai pembicaraan tentang bagaimana mencintai tanah air atau melestarikan budaya itu hampir selalu jadi makanan sehari-harinya.

“Sebenarnya karena memang kami, saya tumbuh dari keluarga yang berlatar belakang politik, dari mulai kecil kami memang sudah tidak asing lagi dengan pembicaraan yang berbau politik. Artinya politik tidak melulu bicara soal kekuasaan dan lain sebagainya, tetapi pembicaraan tentang bagaimana mencintai tanah air, budaya itu sudah menjadi bagian dari diskusi-diskusi politik kecil,” begitu cerita Puti dalam sebuah sesi wawancara dengan tim Merdeka.com.

Selain itu, Puti pun kerap dididik oleh sang ayah, Guntur Soekarno Putra, untuk memperdalam pengetahuan dengan membaca beragam tulisan Bung Karno. Mulai dari humanisme, bagaimana menjadi lidah penyambung rakyat, sampai bacaan tentang revolusi. Dari sinilah kemudian ketertarikannya dalam bidang politik perlahan muncul.

©merdeka.com

 

Tak salah kalau kemudian Puti memperdalam wawasannya dengan mengambil jurusan Ilmu Sosial dan Ilmu Politik di Universitas Indonesia. Selesai mengenyam pendidikan di bangku kuliah, politisi 46 tahun itu sempat menjadi ibu rumah tangga. Namun, hasrat untuk mengaplikasikan ilmu yang dimiliki tak sanggup dibendung lagi.

Akhirnya ia memutuskan untuk menjadi bagian dari Yayasan Bung Karno dan Yayasan Fatmawati. Tak berhenti sampai di situ, pencapaiannya makin gemilang karena Puti terpilih sebagai anggota DPR RI selama dua periode sekaligus, yakni periode 2009-2014 dan 2014-2019. Namun, perjalanan Puti tak berhenti sampai di situ saja. Yang terbaru, alumni Universitas Indonesia itu mendapat kepercayaan untuk mendampingi Saifullah Yusuf alias Gus Ipul maju di Pilgub Jatim 2018.

Majunya Puti Guntur Soekarno sebagai cawagub yang mendampingi Gus Ipul tentu saja berlandaskan niat mulia untuk meneruskan cita-cita perjuangan dari sang kakek. Semoga impiannya bisa terwujud ya, Ladies!

(vem/ayu/xpi)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading