Sukses

Lifestyle

Puti Guntur Soekarno, Bukti Wanita Bisa Melebarkan Sayap di Berbagai Bidang

Mengesankan kalau melihat zaman telah berubah dengan signifikan, terlebih pada cara dunia memandang wanita. Kini kaum hawa bukan cuma berkutat dengan dapur dan urusan rumah tangga saja, tapi mereka pun memiliki hak yang sama untuk menyetarakan diri dengan para pria di berbagai bidang. Di ranah politik misalnya, tentu Ladies tak bisa menampik peran dua sosok wanita yang mewarisi trah Soekarno, yakni Megawati Soekarnoputri dan Puan Maharani, bukan?

Tak hanya dua nama itu, sebenarnya ada satu sosok keturunan Soekarno lainnya yang dikenal sebagai srikandi politik. Dia adalah Puti Guntur Soekarno yang belakangan namanya mulai menarik perhatian publik. Biarpun baru-baru ini mendapat sorotan, tapi eksistensi putri Guntur Soekarno ini sudah cukup lama dalam bidang politik, lho.

Bukan tanpa alasan Puti memilih untuk terjun secara serius di bidang politik. Ketertarikannya sudah dimulai di bangku kuliah ketika ia memilih jurusan Ilmu Sosial dan Ilmu Politik di Universitas Indonesia sebagai studi lanjutan setelah SMA. Keputusan itu sebenarnya cukup bikin dia sendiri terkejut. Lantaran saat masih duduk di sekolah menengah, ia sebenarnya lebih menggemari bidang interior design.

(c) merdeka.com

Lulus kuliah, Puti sebenarnya tak langsung melangkah masuk ke politik praktis. Wanita kelahiran 26 Juni 1971 itu terlebih memilih untuk menjadi ibu rumah tangga dulu.

“Kemudian aktif di Yayasan Bung Karno dan Fatmawati juga. Berjalannya dengan waktu akhirnya saya memutuskan saya harus ada pengabdian yang lebih lagi, makanya saya masuk politik. Masuk politik praktis dalam artian saya masuk partai di PDI Perjuangan dan akhirnya saya masuk DPR RI dua periode di Komisi X,” jelas Puti dalam sesi wawancara dengan tim Merdeka.com.

Yang terbaru, impiannya buat memberikan pengabdian nyata pada masyarakat semakin dekat pada kenyataan. Puti Guntur Soekarno telah ‘dipinang’ untuk menjadi pasangan Saifullah Yusuf atau Gus Ipul dalam Pilgub Jatim 2018.

“Mungkin memang akhirnya sudah jadi takdir ikut dalam kontestasi Pilkada Jatim ini dan ditugaskan oleh Ibu Ketua Umum sebagai cawagub,” terangnya kemudian.

Kesempatan ini tentu dipergunakan oleh wanita yang akrab disapa Mbak Puti ini buat membuktikan pengabdiannya secara nyata untuk masyarakat. Puti sendiri memiliki prinsip bahwa politik tak hanya berbicara tentang kekuasaan. Baginya, politik juga menyangkut bagaimana dia mencintai tanah air dan budaya.

Berkat perjuangan tanpa henti, tinggal selangkah lagi. Semoga perjalanan Puti ini bisa jadi teladan buat Ladies untuk tak pernah kehilangan semangat mengukir prestasi di berbagai bidang. Semangat!

(vem/ayu/xpi)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading