Sukses

Lifestyle

Awal Karir Puti Guntur Soekarno, Ikuti Jejak Kakek ke Dunia Politik

Terjun ke dunia politik tentu bukan menjadi keputusan yang mudah. Ranah tersebut menuntut seseorang memiliki wawasan luas dan kemampuan memadai karena punya kaitan dan peran langsung dengan masyarakat. Tapi hal tersebut tak menyurutkan tekad Puti Pramathana Puspa Seruni Paundrianagari Guntur Soekarno untuk mengikuti jejak sang kakek, Soekarno, masuk ke dunia politik.

Politik sendiri bukan hal yang baru bagi putri tunggal dari Guntur Soekarno Putra tersebut.

“Sebenarnya karena memang kami, saya tumbuh dari keluarga yang berlatar belakang poltik, sebenarnya dari mulai kecil kami memang sudah tidak asing lagi dengan pembicaraan yang berbau politik. Artinya politik tidak melulu bicara soal kekuasaan dan lain sebagaianya, tetapi pembicaraan tentang bagaimana mencintai tanah air, budaya itu sudah menjadi bagian dari diskusi-dikusi politik kecil,” jelas Puti dalam sebuah sesi wawancara dengan reporter Merdeka.com.

Ayahnya sendiri yang menjadi teman diskusi politik Puti sejak kecil. Mulai dari permasalahan harga pangan naik hingga masukan untuk membaca buku-buku tulisan Bung Karno, mulai dari yang tingkat humanis, penyambung lidah rakyat dan masih banyak lagi.

Punya latar belakang yang seperti itu, nggak heran jika perempuan yang akrab disapa Mbak Puti ini mengantongi modal berharga buat jadi sosok pemimpin yang dicintai rakyat. Perempuan kelahiran 26 Juni 1971 itu ternyata memiliki beragam pengalaman yang nggak bisa diremehkan, Ladies. Di antaranya menjadi anggota DPR 2009–2014 dan 2014−201 serta menjabat sebagai Wakil Ketua Yayasan Fatmawati dan Ketua Yayasan Wildan.

Latar belakang pendidikannya pun cukup mentereng, Ladies. Wanita 46 tahun itu dulu menempuh pendidikan di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Indonesia. Berbekal beberapa catatan tersebut, Puti lantas mantap memilih terjun ke politik. Makin membanggakan karena beliau pun memperoleh dukungan dari keluarga, termasuk mantan presiden RI, Megawati Soekarnoputri.

Sepertinya impian besar Puti untuk memberikan pengabdian terbaik bagi nusa dan bangsa bakal segera terlaksana. Pasalnya, beliau mendapat mandat langsung dari Ibu Megawati untuk jadi cawagub pendamping Saifullah Yusuf atau Gus Ipul di Pilgub Jatim 2018.

Menarik ditunggu seperti apa perubahan yang akan ia hadirkan untuk Jawa Timur nanti. Semoga Mbak Puti bisa mengemban amanah jika terpilih menjadi pemimpin masyarakat Jawa Timur ya, Ladies.

(vem/ayu)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading