Sukses

Lifestyle

Berkat Kamera Ponsel, Michelle Saragih Siap Harumkan Nama Indonesia di AS

Michelle Saragih tak bisa berbuat banyak ketika hanya memiliki modal smartphone untuk menjadi seorang YouTubers --blogger yang menjadikan YouTube sebagai platform-nya. Dia pasrah saja menggunakan kamera belakang si smartphone untuk menciptakan video tips and trick soal kecantikan dalam cara jenaka. Bahkan dengan si ponsel berlambang buah apel itu pula dia mengedit dan men-share ke media sosial.

Tapi siapa sangka, usaha Michelle yang demikian sederhana membawanya masuk dalam 12 besar YouTube Next Up Indonesia. Perempuan berdarah Batak ini justru dianggap mampu menjadi kreator kreatif dan inspiratif dengan alat yang seadanya.

"Aku saat itu dikumpulkan dalam camp bersama para YouTube kreator lainnya dan mendapat pelatihan soal kamera, editing video, dan penempatan lighting supaya bisa menghasilkan konten yang berkualitas," cerita Michelle saat berbincang dengan tim vemale.com di bilangan Jakarta Pusat.

Pelatihan ini dilakukan pada September 2017 lalu dan mengandung kejutan lain buat gadis 24 tahun itu: diundang ke Amerika Serikat oleh YouTube! Ya, Michelle akan diajak ke Negeri Paman Sam sebagai pembicara untuk menginspirasi para konten kreator lain untuk menggunakan gadget sederhana macam smartphone.

"Aku juga akan keliling untuk sharing kepada orang-orang yang mau jadi YouTubers bahwa bisa kok pake alat sesederhana handphone. Sekaligus sharing juga sama mereka yang udah jadi YouTubers tapi malu karena hanya punya alat seadanya," ujarnya.

"Aku mau bilang bahwa kalian juga bisa sukses meski belum punya barang yang bagus," tambah gadis yang akan diundang ke YouTube AS pada 4 - 10 Desember 2017 mendatang itu.

Sempat dikira perempuan simpanan

Michelle pertama kali menjadi YouTubers di awal tahun 2017 berkat dorongan kakak kandungnya, Elfa Saragih. Malah tadinya si kakak lebih dulu yang menjadi YouTubers dengan pemasukan yang cukup lumayan. Namun, Elfa kurang telaten dan konsisten dalam menjaga channel YouTube miliknya.

"Aku akhirnya suruh Michelle mencoba karena waktu itu uang dari YouTube dan Google lumayan untuk bayar listrik. Karena dia soal beauty lebih apik dari aku, malah jadi lebih rajin dia dibanding aku," cerita Elfa.

Berangkat dari situ, ditambah 'senjata' berupa smartphone, Michelle akhirnya kerap mengunggah konten ke YouTube. Hasil akhirnya pun sangat bagus karena kini dia ternama di media sosial bahkan terpilih menjadi pemeran Kinta dalam webseries 'Ruang Vemale' di situs kesayangan kamu ini.

(Baca: Michelle, Gadis Mandiri yang Rela Jadi Pemalu Demi Jadi Kinta)

"Sekarang kalau kemana-mana ada saja yang ngajak Michelle foto bareng. Aku bangga akhirnya dia bisa punya karir yang bisa mensupport dirinya sendiri," puji sang kakak.

Menjadi YouTubers seperti Michelle tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Harus ada konsistensi, kreativitas, dan ketahanan mental luar biasa. Bagaimana tidak, para tetangga sekitar rumah Michelle bahkan sempat mengiranya sebagai 'perempuan simpanan' karena memiliki cukup uang tapi terlihat tak punya pekerjaan tetap.

"Aku yang penting setiap pekerjaan bilang ke Mama-Papa, Kakak, dan Oma. Biar saja orang mau bilang apa, yang penting orang terdekat aku tahu apa yang aku lakukan," ujar Michelle.

Selain itu seorang YouTubers macam Michelle juga harus sadar bahwa dirinya memiliki dampak besar pada masyarakat. Maka itu nilai yang dibagikan pun haruslah bermakna bagi sesama.

Congrats ya Michelle :)

(vem/zzu)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading