Sukses

Lifestyle

Mengapa Pria Cepat Nikah Lagi Sedangkan Perempuan Kuat Menjanda?

Menikah....satu kata yang mengandung kekuatan luar biasa pada seorang perempuan. Dalam institusi inilah perempuan akan menyerahkan segalanya (baca: seluruh, semua, nyaris tak bersisa) pada seorang pria pilihannya.

Perempuan yang menikah akan bersedia memberikan kesetiaan, waktu, cinta, tubuh, rahim, karir, bahkan mimpi terbesarnya demi bisa langgeng. Dalam pernikahan pula perempuan bersedia "mati suri" asalkan keluarganya tumbuh bersemi.

Lalu, apa jadinya jika semua pengorbanan itu berujung dengan perceraian? Ah cukup! Enough.. no more! Just me my self and my children. Itu yang menjadi pemikiran pertama baginya. Apa kemudian harus mencari suami lagi? Kemungkinan besar tidak!

Demikian bunyi hasil penelitian Pew Research yang dilansir oleh Time.com. Malah sebaliknya, pria-lah yang tidak tahan hidup menduda dan akan mencari istri baru. Sedangkan perempuan lebih kuat hidup sendiri dan fine-fine saja dengan status janda.

Ilustrasi

"Pria yang baru saja bercerai atau duda, sangat terbuka dengan pemikiran menikah lagi. Namun perempuan dengan kondisi yang sama, hanya sedikit kemungkinannya," tulis hasil penelitian yang dilakukan berdasarkan survei di bulan Mei dan Juni 2014 itu.

Dari survei itu ditemukan bahwa 54% perempuan bercerai akan mengatakan 'Tidak' pada pernikahan yang kedua. Sedangkan 27% lagi menjawab 'Belum Tahu' dan 15% menjawab 'Iya'.

Pada kaum pria diketahui bahwa hanya 30% yang menyatakan tidak akan menikah lagi, 36% belum tahu akan menikah lagi atau tidak, sedangkan 29% di antaranya menjawab akan menikah lagi.

"Perempuan cenderung panjang umur sehingga mereka akan hidup lebih lama dibanding para pria peminatnya. Atau bisa karena perempuan kini memiliki kebebasan ekonomi lebih dibanding 50 tahun lalu. Sehingga dia merasa tidak membutuhkan teman hidup," tulis bunyi riset itu.

Ditambahkan juga bahwa perempuan yang dulunya terkekang dengan kewajiban rumah tangga, akan merasa bebas ketika bercerai. Inilah sebabnya mereka enggan masuk kembali dalam lingkaran pernikahan yang sama.

Skenario sebaliknya terjadi pada pria. Seperti yang dituliskan blogger Nina Lorez Collins di Huffingtonpost.com. "Pria butuh banyak perhatian, mereka ingin dilayani makan, cucian yang bersih, dan membutuhkan perhatian besar mau pun kecil," tulis Collins yang juga memasukkan data dari New York Times bahwa kini lebih banyak perempuan yang lebih memilih sendiri ketimbang (kembali) bersuami.

Rossa dan Tamara Bleszynski/Instagram

Contoh kasusnya banyak kamu lihat di sekitar. Coba kamu lihat Maia Estianty yang kuat menjanda sejak bercerai di tahun 2008 silam. Ini artinya sudah sembilan tahun ia menjanda dibanding mantan suaminya yang menikah lagi di saat masih terikat pernikahan dengan Maia.

(Baca: Apalah Arti Nyinyiran Mantan Jika Bahagia Sudah di Tangan)

Atau penyanyi mungil, Rossa, yang belum juga menikah lagi meski sudah bercerai di tahun 2009. Sama seperti artis cantik Lulu Tobing yang diam-diam bercerai dan kini hidup tenang di Bali. Lalu juga ada Tamara Bleszynski yang kapok dengan dua kali pernikahan gagal dan kini fokus mengelola penginapan di Pulau Dewata. Tak lupa juga Marshanda yang masih sendiri meski sang mantan suami, Ben Kasyafani, sudah menikah lagi.

Ah perempuan, kamu memang luar biasa!

(vem/zzu)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading