KAPANLAGI NETWORK
MORE

Peringatan Hari Kartini Bukanlah Setiap Tahun, Tapi Setiap Hari

Jum'at, 21 April 2017 11:56 Penulis: Zika Zakiya
Kartini/Instagram

Vemale.com - Selamat Hari Kartini, Ladies! Pada tanggal inilah perempuan bisa merayakan kebebasannya sebagai seorang manusia utuh yang bisa memlih dan menentukan nasibnya sendiri. Pada hari ini pula kamu bisa berterima kasih pada perempuan asal Jepara bernama Raden Ajeng Kartini yang sudah mendobrak banyak dogma pembelenggu kaum perempuan.

Semua nilai ini dipaparkan oleh para pemeran film 'Kartini' yang tayang serentak pada 19 April 2017. Dian Sastrowardoyo, Adinia Wirasti, Denny Sumargo, dan sutradara, Hanung Bramantyo. Mereka berbincang mengenai apa arti penting Kartini.

Buat Hanung yang merupakan suami dari artis Zaskia Addya Mecca, Hari Kartini bukanlah perayaan tahunan. "Saya merasa bahwa saya ngga harus memperingati Hari Kartini setiap tahun. Tapi kita harus memperingati Hari Kartini setiap hari," ujar Hanung.

Sedangkan Dian yang menjadi bintang utama dalam film ini menyatakan jika dobrakan yang sudah diciptakan Kartini bisa membuat perempuan merasakan nikmatnya pendidikan. "Semua manusia, baik laki-laki maupun perempuan merasakan pendidikan formal," ujar Dian ketika ditanya soal mengapa kita harus memperingati Hari Kartini.

Hal senada dikatakan Adinia sebagai tandem Dian di film 'Kartini'. Menurutnya berkat Kartini-lah hidup perempuan masa kini jadi lebih mudah. "Kita bisa menyuarakan apa yang kita pikirkan. Kita bisa berkarya," ujar Adinia.

Lihat video perbincangan para pemeran 'Kartini' dalam video di bawah ini.

Ketika kamu bisa dengan bebas membaca, menulis, memilih, dan menjalani hidup sebagai seorang perempuan di Indonesia, itu adalah karena sosok Kartini. Jika bukan karena dia, mungkin saat ini kita masih dianggap masyarakat kelas dua yang tidak berhak melakukan apa pun.

Well, here we are. A strong happy educated woman. Sudah tak terhitung lagi perempuan yang menjadi pemimpin, pengusaha, dokter, pengacara, jurnalis, ilmuwan, bahkan pengendara moda. Tidak ada lagi belenggu kemampuan buat kita. Karena yang namanya cita-cita, langitlah batasannya. Terima kasih Kartini, perjuanganmu akan kami teruskan.

(vem/zzu)
KOMENTAR PEMBACA
Video Skrin.id : DIY: Fringe Jeans Kekinian, Bikin Celana Belelmu Modis Kembali