Sukses

Parenting

Inisiasi Menyusui Dini Itu Penting!

Satu jam setelah persalinan, biasanya dokter akan menyarankan Anda untuk segera menyusui bayi yang baru saja Anda lahirkan. Hal ini dikenal dengan istilah IMD atau Inisiasi menyusui Dini. IMD ini sangat penting bagi bayi. Pasalnya, selama proses IMD ini, bayi akan mendapatkan asupan ASI kolostrum yang sangat bermanfaat bagi tumbuh kembangnya.

ASI kolostrum adalah ASI yang dihasilkan oleh kelenjar susu selama masa 3 x 24 jam setelah Anda melahirkan. Jumlah kolostrum tidak banyak karena kelenjar susu hanya memproduksinya sesuai dengan kebutuhan bayi Anda.

Meski diproduksi dalam jumlah yang sedikit, kolostrum memiliki banyak manfaat bagi tumbuh kembang bayi Anda. Dilansir dari laman, www.justmommies.com, kolostrum merupakan kandungan utama dari ASI yang berfungsi untuk memperkuat daya tahan tubuh. Kolostrum mengandung komponen bioaktif seperti Immunoglobulin (IgG, IgA, IgM, serta IgF) yang sangat berperan penting untuk pertumbuhan dan daya tahan tubuh bayi.

Komponen-komponen bioaktif yang terkandung dalam kolostrum merupakan sistem kekebalan tubuh alami yang sempurna untuk melawan berbagai antigen seperti bakteri, virus, dan jamur yang dapat mengganggu kesehatan bayi pada masa awal tumbuh kembangnya.

Selain Immunoglobulin, kolostrum juga mengandung Lactoperoxidase yang dapat melancarkan metabolisme tubuh dan Growth Factor atau faktor tumbuh kembang. Growth Factor dapat mempercepat perbaikan otot, tulang, kulit, jaringan ikat, jarigan syaraf dan tulang rawan pada bayi. Serta, membantu otot yang tak berlemak dan membantu membakar lemak tubuh sebagai energi dan membantu penyembuhan luka dan memulihkan kerusakan tubuh karena penyakit.

Selain itu, kolostrum juga dapat membantu mengurangi konsentrasi bilirubin yang menyebabkan bayi mengalami kuning, sehingga bayi lebih terhindar dari jaundice. Sedangkan prebiotik FOS, yang juga terkandung dalam kolostrum, dapat membantu menjaga fungsi saluran cerna. Kolostrum juga banyak mengandung vitamin A dan E untuk perlindungan mata dan mengurangi infeksi.

Nah, itulah sebabnya Anda sangat dianjurkan untuk melakukan IMD. Selain membuat bayi menjadi familiar terhadap ibunya, IMD juga akan membuat bayi Anda mendapatkan ASI kolostrum yang sangat bermanfaat bagi perkembangan bayi kita.

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading