1. VEMALE
  2. /
  3. MENYUSUI

Cegah Obesitas Hingga Kanker, Ini Manfaat Menakjubkan Menyusui Moms!

Selasa, 02 Oktober 2018 12:30 Penulis: Febi Anindyakirana
Menyusui/copyright Rawpixel.com

Vemale.com - Memberikan ASI atau menyusui seharusnya tidak menjadi pilihan bagi banyak ibu masa kini, karena manfaat menyusui banyak sekali. Bukan hanya pada bayi tapi juga pada diri ibu sendiri.

Dilansir dari New Parent, menyusui bayi punya manfaat seperti melindungi bayi dari berbagai penyakit karena membantu membangun imunitas tubuh. Menyusui juga menjaga kesehatan sistem pernapasan, dan mencegah timbulnya alergi dan asma. Bahkan menyusui mampu menurunkan risiko obesitas pada si kecil.

Banyak penelitian telah membuktikan bahwa bayi yang tidak mendapatkan ASI lebih rentan mengalami masalah kesehatan seperti pneumonia, diare dan infeksi.

Sedangkan untuk ibu, menyusui membantu menurunkan berat badan sisa kehamilan, menurunkan pendarahan akibat melahirkan dan bahkan menurunkan risiko kanker payudara dan kanker ovarium. Oleh karena itu, dalam American Academy of Pediatrics (AAP) menentukan aturan bahwa ibu perlu menyusui secara eksklusif selama enam bulan, diikuti dengan menyusui dan didukung makanan lain hingga usia 12 bulan atau lebih lama sehingga mendapatkan manfaat sehatnya.

Jadi, jangan abaikan pemberian asi dengan cara menyusui ya Moms. Karena bukan hanya sekedar memberikan makanan untuk si kecil, ternyata menyusui juga punya banyak manfaat untuk diri sendiri.

(vem/feb)
KOMENTAR PEMBACA
Soal Kosmetika Oplosan, Polisi Panggil Via Valen dan Nella Kharisma