Sukses

Parenting

Selain Menyehatkan Bayi, Menyusui Bisa Menurunkan Risiko Diabetes

Sebuah studi menemukan jika wanita melahirkan yang mengalami diabetes gestasional akan mengalami penurunan risiko diabetes tipe 2 setelah menyusui. Jika dibandingkan dengan perempuan yang memilih memberikan susu formula pada bayinya, perempuan yang menyusui bayinya sendiri akan lebih sehat dan terhindar dari berbagai risiko penyakit mematikan.

Melansir dari laman medicaldaily.com, ibu menyusui sedikitnya selama satu tahun bisa mengalami penurunan risiko diabetes hingga 2 kali lebih besar dibandingkan mom yang tidak menyusui.

Penelitian yang dilakukan pada 1000 perempuan penderita diabetes gestasional, ditemukan hampir 12%nya mengalami risiko diabetes tipe 2 lebih besar beberapa tahun ke depan karena tidak menyusui buah hatinya. Perempuan yang menyusui buah hatinya mengalami penurunan risiko diabetes antara 35 - 37 persen dalam jangka dua tahun. Ini tergantung pada intensitas menyusui yang dilakukan.

Tak hanya menurunkan risiko diabetes, perempuan yang menyusui buah hatinya juga mengalami penurunan risiko kanker payudara.

Selain itu, menyusui juga bermanfaat merangsang pelepasan hormon oksitoksin yang bisa membantu meningkatkan kesehatan mental mom, membuat perasaan jadi makin bahagia dan menurunkan risiko depresi. Menyusui juga mendukung tumbuh kembang bayi dengan lebih baik.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading