1. VEMALE
  2. /
  3. MENYUSUI

5 Tips Menghilangkan Nyeri Saat Pertama Kali Menyusui

Sabtu, 22 September 2018 15:00 Penulis: Febi Anindyakirana
Menghilangkan nyeri payudara/copyright Shutterstock.com

Vemale.com - Menyusui menjadi hal yang secara alami akan dilakukan kebanyakan ibu setelah melahirkan. Tentunya pengalaman baru ini akan memberikan tantangannya tersendiri bagi ibu, apalagi menyusui adalah salah satu cara membangun ikatan dengan bayi. Salah satu hal yang sering dikeluhkan banyak ibu saat menyusui adalah rasa sakit atau nyeri.

Dilansir dari New Parent.com, ada beberapa cara melepaskan rasa sakit menyusui. Ini sekian hal yang perlu dilakukan ibu baru sehingga menyusui tidak menjadi pengalaman menyakitkan.

1. Pijatan di area payudara

Selama minggu pertama menyusui, puting payudara akan mengalami perubahan bentuk dan ukuran sehingga menimbulkan rasa nyeri. Pecahnya puting payudara ini adalah bentuk penyesuaian diri untuk bisa menyusui. Pijat perlahan dengan minyak lanolin atau krim hydrogel sehingga bisa memberikan kenyamanan.

2. Belajar cara menyusui yang benar

Menyusui juga ada tekniknya. Ada posisi-posisi di mana air susu tidak akan keluar dengan optimal jika posisinya tidak tepat. Jangan ragu minta bantuan orangtua atau ahli untuk membantumu mendapatkan posisi yang benar dan nyaman untuk menyusui.

3. Lebih sering menyusui

Pengalaman nyeri saat menyusui sebaiknya tidak membuat ibu kapok dan enggan menyusui. Justru sebaliknya, sebaiknya ibu lebih sering menyusui agar rasa sakit hilang dan terbiasa dengan menyusui bayi. Karena payudara justru semakin sakit karena ASI di dalam payudara tidak disusukan.

4. Kompres payudara

Untuk mengurangi rasa nyeri meskipun tidak sedang menyusui, kompres dengan air hangat dan dingin bergantian. Mandi air hangat sebelum menyusui juga bisa dilakukan karena bisa menurunkan stres dan membuat payudara lebih tender atau empuk.

5. Periksakan ke dokter

Jika rasa sakit tidak kunjung reda bahkan terasa sangat menyakitkan hingga membuatmu tak sanggup menyusui, lebih baik konsultasikan pada dokter. Waspadai jika ada infeksi yang tidak diketahui, seperti infeksi jaringan payudara atau adanya mastitis.

Umumnya, memang payudara ibu akan banyak berubah dan mengalami rasa sakit ketika menyusui di minggu pertama bukan hal yang baru. Semoga cara di atas bisa meringankan rasa sakit saat menyusui, Moms.

(vem/feb)
KOMENTAR PEMBACA
Kensington Palace Umumkan Kehamilan Meghan Markle