Sukses

Parenting

3 Nutrisi Penting Untuk Ibu Menyusui Agar Tidak Mudah Lemas

Meski kelihatannya mudah dan sepele, menyusui sebenarnya adalah aktivitas yang cukup menguras tenaga. Menyusui juga menjadi aktivitas yang sering kali bikin perempuan lelah, lemas dan mudah lapar. Untuk itulah, penting bagi ibu menyusui agar selalu memperhatikan asupan nutrisi yang masuk dalam tubuhnya.

Melansir dari laman parents.com, nutrisi tersebut sebaiknya tak hanya bermanfaat untuk kelangsungan tumbuh kembang buah hati, tetapi juga untuk meningkatkan kesehatan mom. Ada beberapa macam nutrisi penting yang wajib dikonsumsi ibu menyusui. Nutrisi tersebut antara lain sebagai berikut.

Asam Folat
Asam folat penting dikonsumsi karena ini bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh mom. Ini juga sangat baik buat perkembangan dan pertumbuhan otak bayi. Konsumsi makanan yang kaya akan asam folat setiap harinya, ini akan membuat mom maupun buah hati senantiasa sehat dan cerdas. Adapun makanan yang kaya akan asam folat antara lain adalah gandum, sayur bayam, kembang kol, sayur okra dan jamur.

Asupan Cairan
Mom yang sedang menyusui diharuskan minum air putih cukup setiap harinya. Saat menyusui, mom akan kehilangan kalori sebanyak 500 kalori setiap harinya. Untuk mengembalikan kalori yang hilang ini, penting bagi mom untuk minum air putih cukup.

Nancy Hurts, Ph.D, R.N, direktur layanan laktasi di Texas Children's Hospital Pavilion for Women mengungkapkan jika selain mencegah letih dan lemas, mencukupi kebutuhan cairan selama menyusui akan membuat mom terhindar dari risiko stres fisik maupun psikis pasca melahirkan.

Kalsium
Nutrisi penting selanjutnya yang harus dikonsumsi ibu menyusui adalah kalsium. Dengan mencukupi kebutuhan kalsium, ini tak hanya akan menguatkan dan menyehatkan tubuh mom tetapi juga membuat tumbuh kembang bayi berjalan lebih baik.

Itulah beberapa nutrisi yang penting dikonsumsi ibu menyusui agar tidak mudah lemas dan lebih sehat. Selain nutrisi di atas, nutrisi lain yang tak boleh dilewatkan adalah multivitamin, asupan asam lemak dan omega 3 serta lainnya. Semoga informasi ini bermanfaat.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading