Sukses

Parenting

Ingin Bayi Makin Pintar? Ini 5 Makanan yang Harus Dikonsumsi Ibu Menyusui

Mom, tahukah kalau apa yang dimakan dan diminum sangat berpengaruh untuk nutrisi bayi saat menyusui? Terutama hal ini sangat berpengaruh saat 3 minggu setelah melahirkan tubuh akan memproduksi ASI. Tentunya saat menyusui, Mom akan sangat membutuhkan banyak energi.

Sebuah penelitian mengatakan bahwa ibu menyusui butuh lebih 478 kalori daripada wanita biasanya. Tentunya hal ini akan bertambah seiring 6 bulan ibu memberikan ASI kepada si kecil. Dilansir dari hellodoktor, untuk itu Mom perlu menambah asupan makanan berikut ini.

1. Protein
Menjaga pertumbuhan bayi pun sangatlah butuh yang namanya protein, jadi ibu harus lebih banyak makan yang mengandung protein. Protein berfungsi untuk pertumbuhan, memperbaiki, dan merawat sel-sel yang ada dalam tubuh. Ibu hamil 67g protein per hari agar asupan si kecil protein. Makanan yang mengandung protein di antara lain adalah daging, telur, susu, dan kacang-kacangan.

2. Asam Folat
Asam folat adalah turunan dari vitamin B yang bagus untuk perkembangan serta pertumbuhan kesehatan bayi. Makanan yang mengandung asam folat antara lain sayuran, kacang-kacangan, dan buah alpukat.

3. Zinc
Zinc sangat bagus untuk menjaga sistem imun bayi. Ibu menyusui butuh asupan seberat 10 mg zinc per hari. Maka dari itu Mom perlu mengonsumsi sereal, susu, seafood, dan kacang-kacangan.

4. Vitamin A
Vitamn sangat penting untuk bayi karena bisa membantu pertumbuhan dan melawan bakteri menyebabkan infeksi pada bayi. Zat ini bisa ditemukan pada susu, keju, telur, ikan, sayuran berwarna kuning dan oren, dan buah-buahan.

5. Vitamin B
Vitamin B6 mampu menjaga proses metabolisme dan memperlancar peredaran darah. Tentunya ibu menyusui butuh sekitar 1,7 mg vitamin B6 yang bisa ditemukan pada daging, ikan, dan kacang-kacangan.

Memang masa menyusui merupakan momen yang banyak tantangan. Namun selalu sempatkan untuk rajin minum air putih karena ibu menyusui sangat mudah merasa haus. Selain itu, hindarilah makanan pedas, minuman yang mengandung kafein maupun alkohol. Dengan memperhatikan makanan yang masuk ke dalam tubuh, tentunya Mom bisa menjaga kesehatan si kecil.

(vem/mgg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading