1. VEMALE
  2. /
  3. MENYUSUI

Ini Sekian Tantangan Ibu Menyusui yang Bekerja

Sabtu, 11 Agustus 2018 16:00 Penulis: Febi Anindyakirana
Ibu menyusui/copyright Babywise.life

Vemale.com - Bagi wanita karir namun harus melahirkan dan menyusui, pasti menemui tantangannya sendiri saat harus kembali lagi bekerja. Ada beberapa kendala yang harus bisa ditangani selagi menyisihkan waktu menyusui.

Menurut konsultan dan dokter spesialis anak, Ariani Dewi Widodo, tantangan utama yang dihadapi ibu menyusui yang bekerja adalah ada tidaknya dukungan lingkungan dan tempat kerja.

Diungkapkan Ariani, "Terutama di tempat kerja, apakah ada ruang khusus untuk memompa ASI. Apakah ada waktu untuk memompa asi?"

Bukan hanya itu, pertanyaan mengenai apakah rekan kerja bisa memahami dan memberikan toleransi terhadap ibu menyusui yang harus meluangkan waktunya di sela-sela bekerja untuk memompa ASI, dan apakah ada privasi untuk melakukan hal ini. Meskipun tampak sepele, namun penting diperhatikan.

Ibu menyusui harus memiliki tempat nyaman untuk memompa asi di kantor/copyright Shutterstock.com

"Terkadang di tempat kerja juga kepikiran, ada ruang khusus buat memompa ASI atau tidak. Bahkan saya sering dengar cerita, ada ibu pekerja yang memompa ASI di toilet," ujar Ariani, yang berpraktik di RS Anak dan Bunda Harapan Kita Jakarta.

Hal lain yang juga tak kalah penting adalah adanya tempat penyimpanan ASI yang sudah dipompa. Kulkas menjadi fasilitas penting yang dibutuhkan ibu menyusui di tempat kerja.

Jangan sampai karena kendala menyusui, ibu jadi stres hingga menghambat keluarnya ASI yang sangat dibutuhkan bayi, Moms.

Sumber: Liputan6.com

(vem/feb)
KOMENTAR PEMBACA
9 Atlet Ganteng & Cantik Indonesia yang Berlaga di Asian Games 2018