1. VEMALE
  2. /
  3. MENYUSUI

Ibu Menyusui Dilarang Pilih-Pilih Makanan, Ini Alasannya

Sabtu, 11 Agustus 2018 17:00 Penulis: Febi Anindyakirana
Ibu menyusui/copyright Shutterstock.com

Vemale.com - Kebutuhan nutrisi ibu akan bertambah dua kali lipat ketika menyusui. Bukan hanya memenuhi kebutuhan diri sendiri, namun juga memenuhi kebutuhan nutrisi bayi. Oleh karena itu, ibu menyusui sebaiknya tidak pilih-pilih makanan sehat.

Dokter spesialis anak sekaligus konsultan, Ariani Dewi Widodo menjelaskan, ibu sebaiknya tidak pilih-pilih makan. Meskipun memang ada beberapa makanan yang memang tidak boleh dikonsumsi ibu menyusui karena bisa berpengaruh pada kesehatan anak, seperti makanan pedas dan terlalu asam. Namun ada baiknya jika busui (ibu menyusui) tidak terlalu picky soal makanan sehat yang perlu dikonsumsi.

Ibu juga perlu memerhatikan efek samping jika anak bermasalah setelah diberikan ASI. Apakah ada kandungan makanan yang membuat ASI memberi efek buruk pada kesehatan bayi.

Ariani mengatakan, "Kalau ibu makan pedas, kemudian anak bermasalah (diare), ya baiknya setop makan pedas." Begitu pula jika ibu makan seafood dan telur, makanan yang kira-kira bisa menyebabkan alergi, lebih baik dikurangi konsumsinya setiap hari.

Memang tidak harus berhenti makan sama sekali, hanya ketika anak menunjukkan reaksi alergi, ibu harus menghentikan konsumsinya. Tapi untuk lebih amannya, ibu menyusui disarankan lebih banyak mengonsumsi makanan yang sehat secara umum seperti buah dan sayuran.

Sumber: Liputan6.com

(vem/feb)
KOMENTAR PEMBACA
Ruben Onsu Cari Pertolongan, Orang-Orang Terdekatnya Jadi Korban