1. VEMALE
  2. /
  3. MENYUSUI

Ini Alasan Wanita Menyusui Dilarang Keras Diet

Jum'at, 10 Agustus 2018 18:00 Penulis: Febi Anindyakirana
Larangan wanita menyusui/copyright Shutterstock.com

Vemale.com - Selama masa kehamilan, ibu yang baru melahirkan dan menyusui mungkin berpikiran untuk segera menurunkan kelebihan berat badan karena hamil dengan cara diet. Karena bagaimana pun kegemukan setelah melahirkan pasti menurunkan kepercayaan diri wanita.

Namun perlu diketahui bahwa sebaiknya ibu menyusui tidak boleh diet dulu selama masa menyusui. Menurut Ines Yumahana Gulardi, Senior Nutrition Manager, PT Fonterra Brands Indonesia bahwa ibu menyusui seharusnya tidak boleh diet dulu karena tubuh membutuhkan banyak energi untuk memproduksi ASI. Yang harus dilakukan ibu adalah memerhatikan keseimbangan variasi makanan dan pemenuhan gizi setiap harinya.

Kalau pun ingin diet, ibu seharusnya tidak mengartikan diet dengan cara mengurangi porsi makan setiap hari, melainkan, mengganti makanan-makanan tinggi lemak dan kalori dengan makanan sehat kaya gizi seperti sayuran, buah dan daging tanpa lemak.

Ibu menyusui tak boleh diet agar bisa memenuhi nutrisi bayi/copyright Shutterstock.com

Penting juga menekankan pemikiran kepada ibu bahwa tidak perlu buru-buru menurunkan berat badan, apalagi selama masih menyusui. Karena Ines mengatakan,"Makan yang seimbang yang penting. Nanti berat badan juga turun secara alami.'

Selain makanan sehat, ibu menyusui juga membutuhkan banyak minum air putih. Nah, jika ingin menurunkan berat badan sehat, minum air putih banyak setiap hari bisa jadi salah satu solusi.

Jadi Moms, tidak perlu khawatir dulu mengenai berat badan, karena akan lebih baik jika kamu memprioritaskan kecukupan gizi bayi selama menyusui ketimbang menurunkan berat badan dengan cepat setelah melahirkan.

Sumber: Liputan6.com

(vem/feb)
KOMENTAR PEMBACA
Kalau Sukses Tebak Nama Boyband Ini, Kamu Sah Jadi Generasi '90-an