Sukses

Parenting

7 Tips agar ASI Melimpah, Setiap Ibu Menyusui Harus Tahu

Mom, ASI merupakan sumber makanan utama bagi bayi untuk meningkatkan tumbuh kembangnya. Memberikan ASI secara eksklusif dapat meningkatkan daya tahan tubuhnya di masa depan. ASI juga dapat membantu agar kebutuhan nutrisinya terpenuhi. Sayangnya tidak semua ibu menyusui dapat menghasilkan ASI yang melimpah.

Berikut ini adalah 7 tips agar mom dapat menghasilkan ASI yang melimpah. Yuk, simak penjelasan dari vemale berikut ini.

  1. Saat menyusui jangan menunggu si kecil menangis, tawarkan ASI kepada si kecil ketika ia terlihat lapar. Hal ini dapat membantu meningkatkan produksi ASI. Dan jangan lupa untuk memastikan si kecil menghisap aerola bukan puting.
  2. Saat menyusui pastikan mom menjalani pola makan yang sehat. Makanan bernutrisi, sayuran yang sehat dapat membantu meningkatkan ASI.
  3. Melakukan skin to skin dengan si kecil akan meningkatkan kedekatan emosional mom dengan anak. Kedekatan ini dapat membantu meningkatkan produksi ASI. Rasa aman dan nyaman akan membuat mom merasa tenang, sehingga produksi ASI pun melimpah.
  4. Kunci sukses menyusui adalah rasa nyaman bagi ibu. Jadi pastikan mom menjauhi stres, hindari terlalu banyak pikiran yang akan mempengaruhi kesehatan mom dan mempengaruhi produksi ASI.
  5. Ikuti keinginan si kecil. Jika memang ia ingin menyusu, segera berikan jangan terlalu berpatokan pada jam.
  6. Pijatan lembut pada payudara akan membuat lebih relaks dan menghindari lecet. Pijat setelah dan sebelum memompa ASI untuk mendapat hasil yang baik.
  7. Saat memberikan ASI tubuh banyak membutuhkan cairan. Tidak hanya air putih, cairan dapat berupa jus maupun susu. Batasi konsumsi teh dan kopi. Mengonsumsi buah yang banyak mengandung air seperti pear sangat disarankan.

Nah, mom demikian 7 hal yang dapat dilakukan demi mendapatkan ASI yang melimpah. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading