1. VEMALE
  2. /
  3. MENYUSUI

6 Hal Ini Harus Diketahui Ibu Muda Agar Lancar Saat Menyusui

Sabtu, 14 Juli 2018 10:00 Penulis: Luthfia Miranda Putri
Tips Menyusui / Copyright : pixabay.com

Vemale.com - Menjadi seorang ibu muda pastilah sangat repot dan kebingungan. Menyiapkan kamar anak, membeli popok, mempersiapkan kelahiran dan sebagainya hal harus kita persiapkan untuk si kecil nanti. Salah satu hal yang perlu diketahui oleh para ibu muda adalah menyusui.

Untukmu yang sebentar lagi akan menjadi ibu muda, ketahuilah menyusui merupakan kewajiban yang diberikan untuk si kecil. Menyusui tidak semudah yang dibayangkan, maka ketahuilah beberapa hal ini saat menyusui.

  • Dukungan sangat diperlukan

    Jangan menganggap menyusui adalah hal mudah dilakukan oleh seorang ibu. Berdasarkan survey tahun 2003 di Amerika 92% dari 418 partisipan ibu muda diketahui susah menyusui pada hari ketiga setelah melahirkan. Maka dari itu peran orang terdekat seperti keluarga sangatlah diperlukan untuk memberikan semangat dan dukungan kepada ibu agar merasa tenang secara fisik maupun emosional.

  • Menyusui itu menyakitkan

    Pentingnya seorang ibu agar tetap tenang ketika menyusui anaknya yang baru lahir. Pasalnya anak yang baru lahir akan merasa lapar dan juga marah, hal inilah yang akan menyakitkan ibu saat menyusui nanti. Usahakan selalu tahu jam-jam kapan dia merasa lapar dan mengetahui gerakan saat si kecil merasa lapar seperti menjilat bibir atau mengecap.

  • Berusalah setenang mungkin

    Jika ibu merasa tidak tenang, maka hal itu bisa mendatangkan hal buruk nantinya. Maka berusahalah tetap tenang saat menyusui dengan cara memilih ruangan yang sejuk, menata ruangan agar tetap nyaman, dan memijat payudara sebelum memberikan ASI kepada si kecil. Buatlah aktivitas menyusui menjadi hal yang senyaman mungkin.

  • Jangan mengganti air putih sebagai pengganti ASI

    Banyak ibu yang berpikir bahwa memberikan si kecil air putih adalah solusi yang tepat agar mereka tidak merasa lapar. Padahal hal itu sangat tidak dianjurkan karena bisa menyebabkan mabuk dan tidak seimbangnya pembuluh darah. ASI dan susu formula sudah cukup memberikan nutrisi untuk bayi berumur 6 bulan.

  • ASI yang lama bisa menyebabkan penyakit kuning

    Penyakit kuning biasanya dialami oleh bayi yang baru lahir di negara Asia seperti Cina. Penyebab penyakit kuning saat menyusui adalah ketika tidak cukupnya susu yang diproduksi dan biasanya terjadi pada minggu pertama. Namun dalam kasus tersebut, ibu masih tetap bisa untuk memberikan ASI untuk si kecil.

  • Bukanlah seorang ibu yang buruk jika tidak bisa menyusui

    Jika ibu tidak bisa atau tidak sempat menyusui si kecil, hal itu bukan masalah dan menjadikanmu sebagai ibu yang buruk. Ada banyak faktor dan alasan mengapa seorang wanita tidak bisa menyusui, namun yang pasti ibu akan tetap menjadi seorang ibu saat melihat si kecil menjadi tumbuh besar dan sehat nantinya

Beberapa hal inilah yang bisa para ibu muda terapkan saat menyusui si kecil nanti. Selalu mintalah bantuan dengan orang terdekat saat merasa kesulitan. Semoga bermanfaat.

(vem/mgg)
KOMENTAR PEMBACA
Resep Masker Simpel Untuk Kulit Kering